Akhir Harga Karet Tocom 18 April Tergerus Penguatan Yen Dan Anjloknya Minyak

523

Harga karet alami berjangka Tocom pada penutupan perdagangan Senin siang (18/04) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom terpicu penguatan Yen dan penurunan harga minyak mentah sesi Asia.

Mata uang Yen Jepang terpantau mengalami penguatan. Saat ini pasangan kurs USDJPY melemah 0,74% pada 107.96. Penguatan yen terdorong meningkatnya permintaan safe haven terpicu gempa bumi di Jepang dan anjloknya harga minyak mentah.

Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Lihat : Harga Karet Tocom 15 April Berakhir Negatif Tergerus Perlambatan Tiongkok

Harga minyak mentah anjlok pada sesi perdagangan Asia, Senin (18/04), sempat anjlok lebih dari 5 pada awal perdagangan, setelah negara-negara penghasil minyak terbesar di dunia gagal mencapai kesepakatan untuk membekukan produksi.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 4,56 persen pada $ 38,52 per barel, setelah jatuh lebih dari 5,7 persen pada perdagangan pagi.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan global Brent turun 3,99 persen pada $ 41,38, naik menapak sedikit dari 5 persen kerugian dari sebelumnya.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Anjlok Pasca Gagalnya Pertemuan Doha

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan September 2016 ditutup melemah sebesar -2,8 yen menjadi 187,5 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 190,3 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi alami tekanan dipengaruhi oleh potensi penguatan yen Jepang dan anjloknya harga minyak mentah.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level Support di 182,00 yen dan 177,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 192,00 dan 197,00 yen jika harga berbalik ke teritori positif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here