Harga Timah 3 Mei Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

672

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Selasa (03/05). Kenaikan harga timah terpicu pelemahan dollar AS.

Pada perdagangan mata uang terpantau indeks dolar AS turun 0,32 persen dan menyentuh level 92.26. Pelemahan dollar AS terpicu melambatnya aktifitas manufaktur AS pada bulan April lalu.

Aktifitas manufaktur AS tumbuh pada laju yang lebih moderat pada bulan April karena sebagian adanya perlambatan pesanan baru, namun kenaikan pesanan ekspor mendekati tertinggi 1,5 tahun dan tanda penurunan kelebihan persediaan menawarkan harapan untuk sektor manufaktur.

The Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional merosot ke 50,8 bulan lalu dari pembacaan 51,8 pada bulan Maret. Meskipun musim gugur, bulan April menandai bulan berturut-turut ekspansi dan juga pembacaan kedua tertinggi dalam delapan bulan terakhir.

Lihat : Aktifitas Manufaktur AS April Melambat

Pelemahan dollar AS membuat harga timah yang diperdagangkan dalam mata uang dollar AS akan semakin murah, sehingga meningkatkan permintaan komoditas logam dasar tersebut.

Lihat : Harga Timah Bulan April Naik 3 Persen; Dollar AS Dan Ekonomi Tiongkok Dicermati

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 17.300 dollar per ton, naik sebesar 50 dollar dari penutupan sebelumnya pada 17.250.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan potensi pelemahan dollar AS. Namun perlu diperhatikan perkembangan bursa global dan perkembangan ekonomi Tiongkok yang dapat mempengaruhi pergerakan harga timah. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 17.500 dollar dan 17.700 dollar. Akan tetapi jika terjadi pelemahan, harga timah akan menghadapi level Support di 17.100 dollar dan 16.900 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here