Harga Minyak Mentah Melonjak Tertinggi 6 Bulan

779

Harga minyak mentah melonjak pada akhir perdagangan Rabu setelah pemerintah AS melaporkan persediaan minyak mentah turun tak terduga untuk pertama kalinya sejak Maret, menambah kekhawatiran atas gangguan pasokan di Kanada dan Nigeria.

Energy Information Administration (EIA) AS mengatakan persediaan minyak mentah turun 3,4 juta barel pekan lalu, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk kenaikan 714.000 barel.

united-states-crude-oil-stocks-change

Hasil ini berlawanan dengan apa yang dilaporkan American Petroleum Institute (API) untuk peningkatan persediaan 3,5 juta barel dalam data awal yang dikeluarkan pada hari Selasa. Persediaan bensin kendaraan juga turun 1,2 juta barel, dan persediaan bahan bakar distilasi turun 1,6 juta barel.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berakhir naik 3,5 persen lebih tinggi, atau $ 1,57, pada $ 46,23, kenaikan tertinggi enam bulan.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Internasional Brent naik $ 1,98, atau 4,3 persen, pada $ 47,51 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Retreat Terpicu Peningkatan Persediaan AS

Harga minyak telah sideways awal sesi. Gangguan pasokan di Nigeria diimbangi dengan perusahaan energi Kanada yang mencoba untuk menjalankan kembali fasilitas tertutup.

Perusahaan pasir minyak di seluruh pusat energi Kanada dari Fort McMurray memulai kembali operasi pada hari Selasa setelah kebakaran yang besar memaksa penutupan selama seminggu. Pejabat provinsi dan industri mengatakan produksi di banyak daerah harus jalan segera. Kebakaran di wilayah ini telah menahan sekitar 1,5 juta barel produksi minyak mentah setiap hari, yang mengarah ke pengetatan signifikan dari pasar global.

EIA, dalam laporan terpisah pada hari Rabu, mengatakan, pihaknya memperkirakan Brent untuk rebound pada tahun depan untuk sekitar $ 76 per barel dengan terus bertambahnya permintaan.

Royal Dutch Shell unit Nigeria, Shell Petroleum Development Co (SPDC), telah menyatakan force majeure pada ekspor Bonny Light menyusul penutupan garis Nembe Creek Batang (NCTL) untuk perbaikan setelah kebocoran.

Gangguan produksi ini kemungkinan akan mendorong produksi Nigeria ke posisi terendah dalam lebih dari dua dekade, dan mengikuti force majeure pada tingkat minyak mentah Forcados yang kemungkinan akan bertahan sampai Juni.

Penurunan dan gangguan produksi di Amerika Utara, Amerika Latin, Asia, dan di tempat lain di Afrika juga mendukung untuk kenaikan harga minggu ini.

Dalam tanda perjuangan agresif berkelanjutan untuk pangsa pasar, Iran telah menetapkan nya Juni resmi harga jual (OSPs) untuk nilai minyak mentah berat yang dijualnya ke Asia di diskon terbesar ke Arab dan minyak Irak sejak 2007-2008.

Iran pada Selasa menetapkan OSP Juni untuk minyak mentah Heavy Iran pada $ 1,60 per barel bawah rata-rata Oman / Dubai di tanda terbaru bahwa produsen terutama di Timur Tengah bersedia menerima harga rendah dengan imbalan pangsa pasar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi bergerak naik dengan sentimen penurunan produksi, namun juga perlu dicermati pergarakan dollar AS. Jika produksi minyak di Kanada kembali normal dan dollar AS naik, akan dapat menekan kembali harga minyak. Harga diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 46,70-$ 47,20, dan jika turun akan menembus kisaran Support $ 45,70-$ 45,20.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here