Harga Kakao ICE Turun Tipis Setelah Melemahnya Penggilingan Pantai Gading

628

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Jumat dinihari (27/07) ditutup turun tipis. Pelemahan harga kakao terpicu terpicu melemahnya hasil penggilingan kakao di Pantai Gading.

Produksi dari penggiling kakao di penumbuh atas Pantai Gading telah turun hampir sembilan persen sejauh musim ini dengan kualitas kacang semakin miskin untuk memperlambat atau menghentikan operasi, statistik industri menunjukkan pada hari Kamis.

Sekitar 338.000 ton biji telah diproses pada akhir Juni sejak musim 2015/16 dimulai pada 1 Oktober, turun dari 370.000 ton pada periode yang sama dari musim sebelumnya, menurut angka dari asosiasi eksportir GEPEX ‘.

Pada bulan Juni saja, pengolahan di Pantai Gading, yang merupakan produsen kakao top dunia kedua dan terkemuka penggiling, anjlok hampir 21 persen menjadi 31.000 ton biji dibandingkan dengan 39.000 ton pada bulan yang sama tahun lalu.

Lihat : Harga Kakao ICE Naik 1 Persen Terpicu Perkiraan Surplus Produksi

Di akhir perdagangan Jumat dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak September 2016 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup anjlok. Harga komoditas tersebut ditutup turun sebesar -7 dollar atau -0,25 persen pada posisi 2.850 dollar per ton.

Malam nanti akan dirilis data GDP Growth Rate QoQ Adv Q2 yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir dapat menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan melemah terbatas dengan potensi penguatan dollar AS.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Support pada posisi 2.800 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.750 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan ditembus jika terjadi kenaikan ada pada 2.900 dollar dan 2.950 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here