IHSG Akhir Pekan Siap Liburan, Rebound Oleh Sektor Property

873

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat  (2/9) berakhir naik tipis 0,4  persen pada 5353.46 setelah sempat  mendapat tekanan jual yang cukup besar dari asing pada sesi pertama.  Indeks LQ 45 juga berhasil naik 0,4 persen pada 919. Penguatan IHSG diakhir perdagangan mendapat sedikit sokongan investor asing  selain bargain hunting investor lokal.

IHSG sore ini terangkat oleh kuatnya 9 sektor yang berhasil rebound, dengan penguatan tertinggi pada sektor properti dan sektor aneka industri yang naik 1,34% dan 0,94% masing-masing. Hingga akhir  sesi 2  tercatat 130 saham menguat, sedangkan 110 saham melemah. Sampai sore ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 6 miliar saham dengan nilai saham mencapai 5,02 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 233.872 kali.

Lihat : IHSG 2 September Sesi 1 Naik Terdorong Penguatan Rupiah

Penguatan rupiah menjadi sentimen utama yang menyokong penguatan IHSG hari ini setelah perdagangan sebelumnya  alami tekanan. Terpantau sore ini dana asing yang masuk pasar modal mencapai net buy Rp29,5 miliar.

Untuk sektor yang gagal sendiri menyokong  IHSG hari ini  yaitu sektor mining yang 3 saham unggulannya anjlok parah turunkan indeks cukup signfikan 0,40%. Saham unggulan yang memberikan dorongan  kuat pada   indeks sepanjang hari berasal dari sektor  properti seperti saham PWON, BSDE, ASRI dan SMRA. Sentimen yang mengangkat sektor ini adalah kebijakan LTV yang baru.

Untuk perdagangan awal pekan, analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi penguatan lanjutan dengan volume yang terbatas.


Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here