Minyak Mentah Akhir Pekan Melonjak 3 Persen Setelah NFP AS Merosot; Mingguan Anjlok 7 Persen

1597

Harga minyak mentah melonjak 3 persen pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari terdukung pernyataan optimis Rusia untuk pembekuan produksi, juga setelah laporan melemahnya pertumbuhan Non Farm Payrolls AS pada bulan Agustus sempat menekan dolar AS. Namun minyak mentah berjangka tetap di jalur untuk kerugian mingguan besar pada kekhawatiran kekenyangan global.

Pertumbuhan lapangan kerja AS berkurang lebih dari yang diharapkan bulan lalu setelah dua bulan berturut-turut naik kuat dan keuntungan upah moderat, memberikan keraguan Federal Reserve Open Market Committee akan menaikkan suku bunga pada pertemuan 20-21 September mendatang.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Agustus Melambat, Pudarkan Harapan Kenaikan Suku Bunga September

Indeks dolar AS melemah setelah laporan pekerjaan, membuat minyak dan komoditas dalam mata uang dollar AS lebih terjangkau bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate naik $ 1,28, atau 2,97 persen, pada $ 44,44 per barel, di jalur untuk 7 persen penurunan mingguan.

Harga minyak mentah berjangka patokan global Brent naik $ 1,27, atau 2,77 persen, pada $ 46,72 per barel tapi berada di jalur untuk penurunan lebih dari 6 persen selama seminggu.

Jumlah kilang minyak yang beroperasi di bidang AS naik 1 dengan total 407, menandai kenaikan kesembilan dalam 10 minggu setelah membaca datar pekan lalu, menurut hitungan mingguan dari penyedia jasa energi Baker Hughes. Pada saat ini tahun lalu, pengebor beroperasi 662 kilang minyak.

Minyak mentah naik sebelumnya setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Bloomberg kesepakatan antara eksportir minyak untuk membekukan produksi akan menjadi keputusan yang tepat untuk mendukung pasar. Laporan yang diterbitkan pada hari yang sama Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengecilkan potensi untuk membicarakan kemungkinan pembekuan produksi.

Komentar datang di tengah meningkatnya skeptisisme di kalangan pedagang bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lainnya termasuk Rusia akan setuju untuk membekukan produksi pada pertemuan di Aljazair akhir bulan ini.

Arab Saudi, eksportir minyak mentah terbesar di dunia, telah muncul untuk mengubah sikap dan cenderung mendukung stabilisasi produksi pada pertemuan tersebut.

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri Arab saudi Adel al-Jubeir mengatakan bahwa ia optimis produsen pindah ke posisi normal pada produksi minyak.

Anggota OPEC akan membahas potensi pembekuan produksi lagi pada 26-28 September dalam pertemuan informal di Aljazair.

“Skenario paling mungkin adalah bahwa tidak akan ada pembekuan dalam pertumbuhan produksi apapun,” kata Hans van Cleef, ekonom minyak senior di ABN Amro.

Hal ini lebih mungkin, kata dia, peserta akan terus memantau pasar dan mungkin menunda pembicaraan beku untuk pertemuan OPEC resmi di Wina pada 30 November

Selain itu, pasokan AS akan kembali ke pasar karena beberapa produsen di bagian timur Teluk Meksiko memulai kembali operasi lepas pantai karena badai Hermine mendarat di Florida dan melemah menjadi badai tropis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik terbantu pelemahan dollar AS setelah data NFP AS melemah akan memudarkan harapan kenaikan suku bunga AS. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 45,00 – $ 45,50, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 44,00 – $ 43,50.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here