KIJA Terbitkan Obligasi Untuk Tutup Utang, Sahamnya Tertekan Lagi

818

Mengakhiri perdagangan saham  hari Jumat (16/9), saham PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) bergerak retreat dari penguatan perdagangan sebelumnya oleh profit taking yang cukup besar khususnya dari investor asing. Sejak perdagangan pekan lalu KIJA sudah mendapat tekanan jual yang cukup lama dan besar.

KIJA diberitakan akan  menerbitkan obligasi yang baru untuk menutupi utang obligasi sebelumnya yang akan jatuh tempo pada tahun 2019.  Perseroan akan menerbitkan obligasi oleh anak usahanya Jababeka International B.V. sebesar US$200 juta dengan tenor tujuh tahun.

Obligasi yang jatuh tempo tahun 2023 tersebut ditawarkan kepada  pemegang surat utang perseroan yang  jatuh tempo pada 2019 yang  mencapai US$260 juta dengan tingkat bunga 7,5%.

Melihat kinerja keuangan terakhir,  sepanjang semester pertama tahun ini  keuntungan lebih besar dibandingkan dengan kinerja tahun lalu periode yang sama. Laba bersih yang didapat KIJA periode tersebut sebanyak   Rp325,78 miliar  sedangkan periode sama tahun 2015 hanya Rp249,81 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya pada perdagangan Jumat (16/9) saham KIJA dibuka kuat  pada level 306 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 304. Di sesi terakhir saham bergerak lemah hingga anjlok 2 persen lebih   dengan volume perdagangan saham sudah mencapai 246 ribu lot saham .

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal,  indikator MA  KIJA  bergerak turun    dan  indikator Stochastic turun kembali mendekati area jenuh jualnya. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar   didukung oleh +DI yang   bergerak turun menunjukan pergerakan KIJA rawan koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading selanjutnya pada target level resistance di level 308  hingga target support di level 284.

Lens Hu/VM/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asidoe Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here