Tiga Besar Kota Beresiko Bubble Property : Vancouver, London, Stockholm

843

Vancouver, London dan Stockholm memperoleh peringkat sebagai kota paling berisiko dari gelembung perumahan setelah lonjakan harga dalam lima tahun terakhir, menurut analisis UBS Group AG yang mengukur 18 kota pusat keuangan.

Sydney, Munich dan Hong Kong juga menghadapi valuasi yang sama, UBS mengatakan dalam Indeks laporan 2016 Global Real Estat Bubble, yang dirilis Selasa (28/09), seerti yang dilansir Bloomberg. San Francisco peringkat sebagai pasar perumahan yang paling dinilai terlalu tinggi di AS, sementara belum berisiko bubble.

UBS-Bubble Property

Harga rumah di kota-kota yang mendekati bubble telah meningkat rata-rata hampir 50 persen sejak 2011, dibandingkan dengan kurang dari 15 persen di pusat-pusat keuangan lainnya, kata UBS. Suku bunga rendah, arus masuk modal global dan optimisme di kalangan investor tentang pengembalian telah membantu untuk mengembangkan nilai, kata bank.

“Perubahan momentum ekonomi makro, pergeseran sentimen investor atau peningkatan pasokan utama bisa memicu penurunan cepat dalam harga rumah,” kata UBS. “Investor di pasar dinilai terlalu tinggi seharusnya tidak mengharapkan apresiasi harga riil dalam jangka menengah dan jangka panjang.”

Peringkat Vancouver melonjak ke posisi pertama dari tempat keempat di tahun 2015. Harga rumah di kota Kanada ini telah dua kali lipat dalam dekade terakhir, memicu kenaikan dari keluarga setempat yang berjuang untuk membeli rumah yang sekarang menghabiskan 90 persen dari rata-rata laba sebelum pajak.

Rumah keluarga tunggal terpisah khusus di bulan Agustus adalah C $ 1.600.000 ($ 1.210.000), menurut Real Estate Board of Greater Vancouver. Pemerintah provinsi pada bulan Agustus mengenakan pajak 15 persen pada pembeli asing dalam upaya untuk mendinginkan harga.

UBS mengatakan semua kota-kota Eropa yang dinilai terlalu tinggi setelah suku bunga rendah memicu kelebihan permintaan untuk properti perumahan perkotaan. Amsterdam, Zurich, Paris dan Jenewa juga berada pada peringkat daftar kota-kota yang telah melihat harga naik melewati norma jangka panjang.

Chicago adalah di bagian bawah daftar peringkat pusat keuangan, dengan harga yang telah gagal untuk pulih dari resesi.

Survei tidak termasuk Cina daratan, di mana kota-kota besar telah mengalami booming, karena kurangnya data yang konsisten, kata seorang juru bicara UBS dalam sebuah e-mail.

Di sebagian besar kota global, pembelian apartemen 60 meter persegi di luar jangkauan untuk sebagian besar orang yang mendapatkan pendapatan tahunan rata-rata di sektor jasa yang sangat terampil, kata UBS.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here