Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Menjelang Pembicaraan OPEC

472

Harga minyak mentah berjangka naik pada perdagangan Rabu di sesi Asia, dengan penantian investor untuk pembicaraan antara produsen OPEC dan eksportir minyak lainnya pada membatasi keluaran untuk mengakhiri kekenyangan di pasar global.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 10 sen atau 0,20 persen menjadi $ 50,89 per barel.

Harga minyak mentah Brent naik 21 sen atau 0,40 persen menjadi $ 52,62 per barel.

Minyak mentah telah rally lebih dari 13 persen dalam waktu kurang dari dua minggu sejak OPEC mengusulkan pembatasan produksi pertama dalam delapan tahun. Tapi harga tetap sekitar setengah dari tertinggi pertengahan 2014 diatas $ 100 per barel sebagai pertanyaan tetap atas ketika pasar akan kembali untuk menyeimbangkan.

OPEC akan mengadakan pembicaraan dengan non-anggota produsen minyak pada hari Rabu untuk mencoba untuk membicarakan rincian dari kesepakatan global untuk membatasi produksi selama setidaknya enam bulan Rusia memberikan dukungan untuk rencana tersebut.

Pasokan minyak global bisa jatuh seiring dengan permintaan yang lebih cepat jika OPEC dan Rusia setuju untuk memotong cukup curam dalam produksi, tetapi tidak jelas seberapa cepat ini mungkin terjadi, Badan Energi Internasional mengatakan pada hari Selasa.

Goldman Sachs menambahkan keraguan pada Selasa, mengatakan dalam sebuah catatan penelitian bahwa produksi minyak yang direncanakan dipotong oleh OPEC dan eksportir lainnya telah menjadi “kemungkinan yang lebih besar,” tetapi memperingatkan pemotongan produksi kemungkinan tidak akan cukup dalam untuk kembali ke keseimbangan pasar di 2017.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah selanjutnya berpotensi lemah dengan penguatan dolar AS. Namun jika sentimen optimisme pembekuan produksi OPEC menguat akan mengangkat harga kembali. Harga minyak mentah diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 50,40-$ 49,90, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 51,40-$ 51,90.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here