Data Manufaktur PMI Jepang Beratkan Langkah Yen

719
usdjpy
Vibizmedia Photo

Mengawali perdagangan forex awal bulan Februari (1/2) terdapat banyak rilis data manufaktur PMI hampir semua negara besar yang dilaporkan Markit, demikian juga untuk data manufaktur Jepang. Markit laporkan suirvey kondisi bisnis manufaktur Jepang periode bulan Januari alami penurunan tipis dari periode bulan sebelumnya.

Indeks manufaktur PMI Jepang yang dilaporkan Markit periode bulan Januari lebih rendah dari pencapaian indeks bulan Desember dan juga ekspektasi nilai yang sama dengan bulan sebelumnya. Setelah rilis data ini, niliai yen Jepang yang sempat kuat diawal perdagangan turun kembali.

Lihat: Dollar AS Rabu Pagi Bangkit dan Siap Rally Sambut Kebijakan Fed

Pergerakan kurs yen sesi Asia (10:00:35 WIB) bergerak lemah terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka tinggi pada 112.78 di  awal  perdagangan   (00.00 GMT) bergerak kuat dan kini nilai pair bergulir  pada 113.07.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam berpotensi akan naik terus  jika rilis beberapa data ekonomi AS pada sesi malam memberikan sentimen positif bagi pergerakan dollar AS dan terus melaju jika pengumuman kebijakan Fed hawkish.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here