Harga Minyak Mentah Mingguan Melonjak 5 Persen

701

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik pada akhir pekan Sabtu dinihari (24/03) setelah menteri energi Saudi mengatakan OPEC akan mengkoordinasikan pemotongan pasokan dengan negara-negara non-anggota termasuk Rusia hingga 2019.

Kenaikan minyak menentang kemerosotan di pasar saham global, yang jatuh sebagai respons terhadap kekhawatiran tentang perdagangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan China.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup pada $ 65,88 per barel, naik 2,5 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 70,4 per barel, naik $ 1,55.

Baik Brent dan WTI naik lebih dari 5 persen selama seminggu.

Jumlah kilang minyak mingguan naik sebanyak 4 hingga 804, naik 152 kilang dari tahun lalu, Baker Hughes melaporkan.

Sejak Januari 2017, Organisasi Negara Pengekspor Minyak serta sekelompok negara non-OPEC yang dipimpin oleh Rusia, telah membatasi produksi sebesar 1,8 juta barel per hari untuk melawan lonjakan produksi AS.

Menteri Energi Saudi, Khalid al-Falih mengatakan anggota OPEC akan perlu terus berkoordinasi dengan Rusia dan negara-negara penghasil minyak non-OPEC lainnya pada pembatasan pasokan pada tahun 2019 untuk mengurangi persediaan minyak global.

Meskipun para analis mengatakan bahwa perselisihan antara Amerika Serikat dan China bisa mengenai pasar minyak, untuk saat ini sebagian besar mengatakan permintaan tampak sehat.

Morgan Stanley juga mengutip perkiraan kenaikan permintaan musiman dalam beberapa bulan mendatang.

“Ada cukup alasan untuk mengharapkan harga minyak menguat lebih jauh dari sini, dan kami tetap dengan perkiraan Brent $ 75 per barel untuk Q3,” kata Morgan Stanley, seperti dilansir CNBC.

Goldman Sachs mengatakan dalam catatan permintaan pekan ini dan pemotongan OPEC mendorong ekspektasi harga spot Brent mereka ke $ 82,50 per barel pada pertengahan tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi menguat dengan pernyataan Arab Saudi untuk memperpanjang kesepakatan pembatasan produksi hingga 2019, juga pelemahan dolar AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,40-$ 66,90, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 65,40-$ 64,90.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here