Harga Minyak Rebound Terbantu Penurunan Pasokan AS

698

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak rebound pada hari Rabu setelah beberapa hari sebelumnya terjun 6 persen, terangkat oleh laporan penurunan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS.

American Petroleum Institute (API) mengatakan pada hari Selasa bahwa persediaan minyak mentah AS pekan lalu turun 1,5 juta barel, mengurangi kekhawatiran untuk saat ini bahwa kelimpahan pasokan sedang meningkat.

Harga minyak mentah berjangka AS naik $ 1,00 atau 1,87 persen menjadi $ 54,43.

Minyak mentah Brent, patokan global, naik $ 1,13 atau 1,81 persen menjadi $ 63,66 per barel.

Namun lompatan hari Rabu tidak banyak membalikkan kelemahan pasar secara keseluruhan. Minyak mentah turun lebih dari 6 persen di sesi sebelumnya dan ekuitas dunia jatuh karena investor semakin khawatir tentang prospek pertumbuhan ekonomi.

Brent telah jatuh lebih dari 25 persen sejak mencapai tertinggi 4 tahun $ 86,74 pada 3 Oktober, mencerminkan kekhawatiran tentang perkiraan permintaan yang melambat pada 2019 dan rekor pasokan dari Arab Saudi, Rusia dan Amerika Serikat.

Khawatir dengan prospek melimpahnya pasokan baru, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak sedang membicarakan tentang putaran balik hanya beberapa bulan setelah peningkatan produksi.

OPEC, plus Rusia dan produsen non-OPEC lainnya, sedang mempertimbangkan pemotongan pasokan antara 1 juta barel per hari (bpd) hingga 1,4 juta barel per hari pada pertemuan 6 Desember, sumber yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan.

Namun, Arab Saudi mungkin akan mengambil tindakan untuk mendukung harga lebih keras, kata para analis, mengingat tekanan AS untuk menjaga mereka tetap rendah.

Trump berjanji pada hari Selasa untuk tetap menjadi “mitra setia” dari Arab Saudi meskipun mengatakan bahwa Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman mungkin tahu tentang rencana untuk membunuh Khashoggi.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan terjadi penurunan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya harga minyak berpotensi naik dengan sentimen penurunan pasokan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,90-$ 55,40, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 53,90-$ 53,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here