Harga Minyak Turun Tertekan Peningkatan Pasokan AS

1144

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Kamis karena kurangnya resolusi yang jelas untuk pembicaraan perdagangan AS dan China, juga dengan meningkatnya pasokan bahan bakar di Amerika Serikat.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 52,01 per turun 35 sen, atau 0,67 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 0,46 persen, atau 28 sen, pada $ 61,16 per barel.

Kedua tolok ukur naik sekitar 5 persen pada hari sebelumnya, membatasi kenaikan selama seminggu yang menandai kenaikan berkelanjutan minyak terpanjang sejak musim panas lalu.

Pasar keuangan global telah melonjak dengan harapan bahwa Washington dan Beijing akan segera mengakhiri perselisihan mereka dan mencegah perang dagang habis-habisan antara dua ekonomi terbesar.

Namun, beberapa perasaan positif surut pada hari Kamis, sehari setelah perundingan dibungkus dengan pernyataan yang agak positif dari kedua belah pihak tetapi sedikit rincian.

Kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa kedua belah pihak membahas “cara untuk mencapai keadilan, timbal balik dan keseimbangan dalam hubungan perdagangan”.

Kementerian Perdagangan China mengatakan pembicaraan itu membentuk dasar untuk penyelesaian masalah masing-masing.

Sementara itu, bank AS Morgan Stanley memangkas perkiraan harga minyak 2019 lebih dari 10 persen pada hari Rabu, menunjuk pada melemahnya ekspektasi pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya pasokan minyak, terutama dari Amerika Serikat.

Bank AS tersebut sekarang memperkirakan Brent rata-rata $ 61 per barel tahun ini, turun dari perkiraan sebelumnya $ 69, dan minyak mentah AS ke rata-rata $ 54, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar $ 60.

Sumber utama pasokan baru adalah Amerika Serikat, di mana produksi minyak mentah tetap pada rekor 11,7 juta barel per hari dalam pekan yang berakhir 4 Januari, Administrasi Informasi Energi mengatakan pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi turun terpicu peningkatan pasokan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 51,50-$ 51,00, namun jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 52,50-$ 53,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here