Harga Minyak Masih Terancam Kekuatiran Perlambatan Ekonomi China

1357

(Vibiznews – Coomodity) Harga minyak naik tipis pada hari Jumat (01/02) di tengah harapan positif kesepakatan dagang Amerika Serikat dan Cina. Namun pergerakan harga minyak masih terancam melemahnya data mamufaktur China yang memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi yang dapat mengurangi permintaan untuk bahan bakar.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 53,86 per barel, naik 7 sen dari penyelesaian terakhir mereka.

Harga minyak mentah berjangka internasional Brent berada di $ 61,06 per barel pada 0755 GMT, naik 22 sen atau 0,4 persen.

Harga minyak naik karena Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa ia akan segera bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping untuk mencoba menetapkan kesepakatan perdagangan yang komprehensif.

Tapi pasar minyak mentah terbebani oleh survei pada hari Jumat yang menunjukkan aktivitas manufaktur China menyusut paling banyak dalam hampir tiga tahun pada Januari di tengah pesanan yang menurun, memperkuat kekhawatiran perlambatan ekonomi China.

Terkait industri China, dengan konsumen utama bahan bakar seperti diesel, maka perlambatan seperti itu juga kemungkinan akan menekan permintaan bahan bakar.

Terlepas dari kekhawatiran ini, para pedagang mengatakan pasar minyak secara keseluruhan didukung oleh pemotongan pasokan dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang menurut jajak pendapat Reuters diproduksi 30,98 juta barel per hari (bph) pada Januari, turun 890.000 barel per hari dari Desember .

Sementara itu di Venezuela, sanksi AS yang dijatuhkan pada perusahaan minyak negara PDVSA minggu ini membuat kapal tanker terjebak di pelabuhan karena kilang Amerika yang bergantung pada bahan baku Venezuela mengurangi operasi.

Sanksi terbaru AS dapat langsung menghentikan sekitar 500.000 barel per hari (bph) ekspor Venezuela ke AS, kata analis.

Banyak minyak mentah Venezuela dinilai berat dan membutuhkan minyak naphtha ringan, yang sebagian besar dipasok dari Amerika Serikat, untuk dilusi sebelum diekspor ke kilang.

Beberapa bantuan terutama untuk kilang A.S. mungkin datang dalam bentuk minyak mentah berat Kanada, meskipun ada kendala infrastruktur antara kedua negara.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah terpicu kekuatiran perlambatan ekonomi China yang dapat menurunkan permintaan bahan bakar. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 53,40-$ 52,90, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,40-$ 54,90.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here