Harga Minyak Melonjak; Brent Capai Tertinggi 2019

1678

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah melonjak pada hari Jumat (15/02), terdukung pemangkasan pasokan OPEC dan pengumuman pemotongan yang lebih tinggi dari yang diperkirakan oleh Arab Saudi minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berada di $ 54,50 per barel, naik 9 sen.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik setinggi $ 65,10, melampaui $ 65 untuk pertama kalinya tahun ini. Namun turun kembali ke $ 64,75 pada 0850 GMT, naik 18 sen atau 0,28 persen dari penutupan terakhir.

Brent mendekati level tertinggi tiga bulan dan ditetapkan untuk kenaikan lebih dari 1 persen pada minggu ini.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama dengan sekutu yang dipimpin oleh Rusia melakukan pengurangan produksi sukarela mulai bulan lalu yang bertujuan memperketat pasar.

Eksportir utama dan pemimpin OPEC Arab Saudi secara de facto mengatakan pada hari Selasa akan memotong lebih dari setengah juta barel per hari (bpd) lebih banyak di bulan Maret daripada yang diminta, mengirim harga melonjak.

Harga juga didukung oleh penutupan sebagian Safaniya Arab Saudi, ladang minyak lepas pantai terbesarnya dengan kapasitas produksi lebih dari 1 juta barel per hari. Penutupan terjadi sekitar dua minggu lalu, kata seorang sumber, dan tidak segera jelas kapan lapangan akan kembali ke kapasitas penuh.

Bank of America Merrill Lynch dalam sebuah catatan memperkirakan penurunan 2,5 juta barel per hari dalam pasokan OPEC pada kuartal keempat 2019 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tetapi pertumbuhan ekonomi yang goyah juga menjadi perhatian, dengan tanda-tanda perlambatan sekarang terjadi di Eropa, Asia dan Amerika Serikat.

Lonjakan produksi A.S. juga dapat merusak upaya OPEC untuk memperketat pasar.

Produksi minyak mentah AS naik lebih dari 2 juta barel per hari tahun lalu, menjadi 11,9 juta barel per hari, menjadikan Amerika Serikat produsen minyak terbesar di dunia.

Sebagian besar analis memperkirakan produksi AS akan segera melampaui 12 juta barel per hari, dan mungkin bahkan mencapai 13 juta barel per hari pada akhir tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik terbantu pemotongan pasokan OPEC. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 55,00-$ 55,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 54,00-$ 53,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here