Harga Kakao ICE Terjun Bebas Karena Pasokan di Afrika Barat

883

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York dan berakhir pada hari Selasa (26/02) terjun bebas ke posisi terendah dalam sepekan karena tanda-tanda kuatnya produksi kakao di Afrika Barat. Demikian juga harga kakao di bursa ICE London terjun ke posisi terendah 2 pekan.

Tanda-tanda kuatnya produksi kakao di Afrika Barat mendapat laporan dari Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, yang menunjukkan bahwa petani Pantai Gading mengirim 1,478 MMT kakao ke pelabuhan selama 1 Oktober-24 Februari, naik  8,3% dari waktu yang sama tahun lalu.

Demikian juga laporan data 11 Februari dari Ghana, produsen kakao terbesar kedua di dunia, menunjukkan  pembelian kakao dari petani kakao Ghana naik  15,4% y/y menjadi 644.318 MT selama tujuh belas minggu pertama panen sejak 5 Oktober – 31 Januari.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Maret di ICE New York  turun  33 atau 1,40 persen  pada posisi $2247 per ton. Untuk harga kakao berjangka kontrak bulan Maret di bursa London  turun  28 atau 1.61% berada pada posisi  1736 pound per ton.

Tekanan harga kakao juga dari laporan Pusat Prediksi Iklim AS menunjukkan curah hujan di atas rata-rata di Afrika Barat dari 17-23 Februari, yang seharusnya meningkatkan tingkat kelembaban tanah dan hasil panen kakao di Pantai Gading dan Ghana, produsen kakao terbesar di dunia. Faktor bearish lainnya adalah laporan ICE akan stok kakao yang disimpan di gudang  naik ke level tertinggi 3-3/4 bulan di 3,87 juta kantong pada 15 Februari.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa London akhir sesi pada esok hari  diperkirakan naik  oleh proyeksi turunnya kurs poundsterling di pasar forex global.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here