ICE London Naikkan Harga Gula ke Posisi Tertinggi 9-1/2 Bulan

777

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York dan berakhir pada hari  Rabu (01/05) ditutup turun dari posisi tertinggi sepekan. Namun untuk harga kakao di bursa ICE London  rally hari ke-4 berturut naik ke posisi tertinggi 9-1/2 bulan.

Harga kakao  turun kembali dari tertinggi 1 minggu dalam perdagangan awal sesi oleh sentimen data yang menunjukkan berlanjutnya produksi kakao yang kuat di Afrika Barat. Data pemerintah Pantai Gading pada hari Senin menunjukkan bahwa petani kakao Pantai Gading mengirim 1,84 MMT kakao ke pelabuhan selama 1 Oktober-28 April, naik  15,7% dari waktu yang sama tahun lalu.

Kekuatan harga awal sesi oleh sentimen  kekhawatiran akan kondisi kering di Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia. Data dari Pusat Prediksi Iklim AS menunjukkan curah hujan di bawah rata-rata di Pantai Gading selama 21-27 April.

Rekor harga tertinggi kakao di ICE London  setelah kurs poundsterling dalam pair GBPUSD melonjak ke posisi  1-1/2 minggu tertinggi karena harganya dalam pound Inggris.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Juli di ICE New York  ditutup turun  24  poin atau 1,01 persen  pada posisi $2359 per ton. Untuk harga kakao berjangka kontrak bulan Juli  bursa London ditutup naik  3   poin atau 0,17 persen berada pada posisi  1799 pound per ton.

Harga kakao memiliki dukungan mendasar dari permintaan global yang kuat dengan laporan pada bulan April yang menunjukkan bahwa konsumsi kakao pada Q1 naik sebesar  2.0% y/y menjadi 121.129 MT di Amerika Utara, sebesar  3.3% y/y menjadi 370.359 MT di Eropa, dan oleh  9,5% y/y hingga 208.388 MT di Asia.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti, analis Vibiz Research Center memperkirakan secara teknikal harga kakao di ICE  London  oleh posisi turunnya kembali  kurs poundsterling sebagai denominasi ICE London.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here