EUR/USD Mempertahankan Keuntungannya Meskipun Tarif AS Yang Baru Diberlakukan

475

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan diatas 1.1200, sedikit lebih tinggi. Tarif AS yang baru terhadap barang-barang Cina telah efektif berlaku dengan penurunan yang signifikan. Namun, pembicaraan terus berlangsung di Washington. Perkembangan selanjutnya sedang ditunggu. Neraca perdagangan Jerman muncul dengan angka 20 miliar euro.

EUR/USD diperdagangkan mendekati 1.1250 daripada 1.1200, mempertahankan keuntungannya yang dibuat pada hari Kamis minggu yang lalu. Mata uang bersama Eropa ini tetal dibeli meskipun terjadi eskalasi di dalam perang dagang antara kedua negara dengan perekonomian yang terbesar di dunia.

Amerika Serikat baru saja mengenakan tarif yang baru terhadap Cina. Pajak yang dikenakan atas barang-barang Cina senilai $200 miliar setahun lompat dari 10% menjadi 25% , membuat terjadinya eskalasi yang signifikan di dalam konflik perdagangan. Cina telah merespon dengan berkata bahwa Cina akan membalas atas pengenaan pajak baru ini.

Namun, S&P berjangka tetap seimbang, yen yang “safe-haven” hanya ditawar beli sedikit, dan EUR/USD kelihatannya baik.

Mengapa? Ada 3 alasannya:

  • Tarif hanya berlaku atas pengiriman yang baru.

Langkah yang baru hanya berlaku atas barang-barang yang keluar dari pelabuhan Cina per hari Jumat minggu lalu, namun tidak kena atas barang-barang yang telah dikirim keluar Cina sebelum diberlakukannya tarif yang baru.

Perbedaan ini memberikan dua minggu “grace period” sebelum pajak benar-benar dikenakan dan mengakibatkan efek yang merusak baik bagi ekspor Cina maupun impor AS.

  • Negosiasi sedang berlangsung

Delegasi Cina yang dipimpin oleh wakil Perdana Menteri Liu He masih di Washington, terlebih lagi Presiden Donald Trump dan Xi Jinping dilaporkan mengadakan panggilan telpon dan kemungkinan terus berlanjut.

  • Eropa Nantinya

Gedung putih memiliki isu perdagangan dengan Uni Eropa juga, khusunya disekitar industri otomotif. Namun, para pejabat di ibukota Amerika menyelesaikan satu pertikaian perdagangan satu per satu. Sepanjang Cina sedang menjadi agenda top, industri mobil Jerman tetap aman dari tarif barunya Trump.  Jadi sekalipun Eropa menderita secara tidak langsung dari melemahnya pemintaan Cina dan memburuknya outlook ekonomi global, fokus Cina pada Cina membuat tertundanya pertikaian dagang AS dengan Eropa.

Secara tehnikal, kenaikan pasangan matauang ini akan menghadapi “resistance” terdekat di 1.1250 yang apabila tertembus akan lanjut ke 1.1280 dan kemudian 1.1330. Sebaliknya apabila turun akan menghadapi “support’ terdekat di 1.1165 yang apabila tertembus akan lanjut ke 1.1135 dan kemudian 1.1110.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here