Harga Minyak Bergerak Turun Terpengaruh Lemahnya Data China

1027

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak bergerak turun pada hari Selasa (15/10), terpengaruh data China yang lemah dan kekhawatiran atas prospek untuk kesepakatan perdagangan AS-China meskipun ada tanda-tanda gencatan pekan lalu.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 55 sen, atau 1%, menjadi $ 53,05.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun $ 0,44, atau hampir 1%, menjadi $ 58,94 per barel,

Biro Statistik Nasional (NBS) melaporkan pada hari Selasa bahwa harga factory gate China turun pada laju tercepat dalam lebih dari tiga tahun pada bulan September.

Itu mengikuti data bea cukai pada hari Senin yang menunjukkan impor China telah berkontraksi selama lima bulan berturut-turut.

Sengketa perdagangan AS-Tiongkok juga terus membayangi ekonomi global.

Presiden A.S. Donald Trump pada hari Jumat menguraikan fase pertama dari kesepakatan untuk mengakhiri perang perdagangan dengan China dan menangguhkan kenaikan tarif, namun perjanjian tetap sulit dipahami dan pertanyaan-pertanyaan membayangi permintaan minyak di masa depan.

Mohammad Barkindo mengatakan pada hari Selasa bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya “akan melakukan apa pun yang ada dalam kekuatannya” untuk mempertahankan stabilitas pasar minyak setelah tahun 2020.

OPEC, Rusia dan produsen lain sejak Januari telah menerapkan kesepakatan untuk memangkas produksi minyak sebesar 1,2 juta barel per hari untuk mendukung pasar.

Pada hari Senin, Presiden AS Trump menjatuhkan sanksi pada Turki dan menuntut sekutu NATO menghentikan serangan militer di timur laut Suriah yang dengan cepat membentuk kembali medan perang perang yang sedang berlangsung paling mematikan di dunia.

Langkah ini menyoroti meningkatnya ketidakstabilan di Timur Tengah di tengah serangan berbulan-bulan terhadap tanker dan situs minyak di dan sekitar kawasan Teluk pengekspor minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah dengan menurunnya data perdagangan China dan Ketidakyakinan hasil pertemuan dagang AS-China akhir pekan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 52,50-$ 52,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 53,50-$ 54,00

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here