Peningkatan Permintaan Kamera Thermal saat Pandemi Coronavirus

1190

(Vibiznews – Technology) Kamera khusus yang dapat mengidentifikasi dengan cepat penderita demam bagi orang yang memasuki tempat kerja meningkat permintaannya, membuat perusahaan pembuat kamera harus memprioritaskan pelanggan seperti rumah sakit.

Banyak bisnis di seluruh dunia telah berhenti atau mengurangi operasinya menghadapi penyebaran virus corona atau COVID-19 ini.

Perusahaan besar seperti Tyson Foods Inc dan Intel Corp sedang bereksperimen dengan kamera termal untuk memastikan pekerja tidak memasuki pabrik dengan penyakit potensial, sebagai bagian penting dari mempertahankan produksi selama pandemi coronavirus ini.

Perusahaan kamera termal seperti FLIR Systems Inc yang berbasis di AS, Thermoteknix Systems Ltd yang berbasis di Inggris dan Israel Opgal Optronic Industries Ltd mengatakan lonjakan minat telah menyebabkan lonjakan penjualan dengan pendapatan tiga kali lipat atau penjualan unit dalam beberapa minggu sama dengan penjualan dalam lebih dari lima tahun.

Metode yang paling umum untuk memeriksa suhu karyawan, digunakan oleh Amazon.com Inc, Walmart dan lainnya, menggunakan termometer genggam. Tetapi itu menambah antrian pekerja yang memasuki gedung dan mengharuskan operator untuk berdiri di dalam batas 6 kaki (1,8 m) yang direkomendasikan untuk jarak sosial.

Kamera termal, yang mengukur jumlah energi yang dipancarkan suatu objek relatif terhadap lingkungannya, merupakan alternatif non-kontak yang berpotensi lebih aman. Kamera mengidentifikasi orang saat mereka masuk melalui pintu atau lorong dan mengirim peringatan jika seorang teridentifikasi demam dan akan dilakukan pengukuran suhu dengan termometer terhadap orang tersebut.

Intel Corp mengatakan kepada Reuters pihaknya sedang mengevaluasi sistem kamera termal dari beberapa pembuat untuk digunakan di pabrik chip komputer di Israel. Di Amerika Serikat, pemasok daging Tyson Foods mengatakan pada hari Kamis pihaknya telah membeli lebih dari 150 pemindai inframerah dan telah memasangnya di empat fasilitas termasuk pabrik daging di Iowa dan Indiana dan pabrik unggas di Arkansas dan Georgia.

Teknologi kamera termal mulai digunakan secara luas di bandara-bandara di Asia setelah epidemi SARS pada tahun 2003. Persyaratan deteksi demam di seluruh dunia telah memperbarui minat terhadap teknologi ini, dengan sistem yang mencakup kamera, layar, dan perangkat keras lain yang dibutuhkan dengan biaya sekitar $ 5.000 hingga $ 10.000.

Di Israel, Opgal memodifikasi kamera termal yang digunakan untuk pekerjaan pemeliharaan industri untuk memeriksa demam. Perusahaan telah menjual 1.000 kamera dalam dua bulan terakhir – unit lebih banyak daripada yang dijual kamera pemeliharaan sebelumnya sejak diperkenalkan pada 2013.

Namun para pembuat kamera memperingatkan bahwa perangkat mereka adalah langkah penyaringan pertama dan bukan sistem pendeteksi demam yang sangat mudah.

Kamera termal tidak mengukur suhu absolut melainkan perbedaan energi yang dipancarkan antara satu objek dan lainnya. Sistem tersebut membutuhkan kalibrasi ulang secara teratur, misalnya, untuk menangani shift pabrik yang dimulai pada pagi yang dingin ketika pekerja mengajukan masuk dari luar ruangan ke shift siang ketika matahari menghangatkan lingkungan.

Alarm demam masih membutuhkan verifikasi dengan termometer tingkat medis. Selain itu, pejabat kesehatan AS mengatakan orang dapat menyebarkan coronavirus tanpa menunjukkan gejala seperti demam, suatu kondisi yang kadang-kadang dapat dikurangi dengan obat yang dijual bebas.

Karena coronavirus telah menyebar di seluruh dunia, beberapa startup kamera termal telah muncul yang mengklaim untuk memindai kerumunan orang di daerah yang luas untuk demam.

Foto : Wikimedia

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here