Rekomendasi Harga Minyak 29 Juni – 3 Juli 2020: Kenaikan Terhenti Karena Keprihatinan Gelombang Kedua Covid-19

500
harga minyak

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak WTI mengalami kenaikan 0.65% ke sekitar $39.30 selama perdagangan sesi Eropa pada hari Jumat minggu lalu. Minyak WTI mengalami kenaikan karena berita mengenai Iran. Apakah sanksi AS terhadap Iran ataukah ledakan di Timur Teheran, berita dari Iran memberikan kekuatan naik bagi harga minyak. Harga minyak mendapatkan kekuatan tambahan setelah tweet dari Presiden Donald Trump yang menentang penutupan kembali dan menyoroti akan meluncurkan vaksin pada tahun ini.

Namun kenaikan harga minyak kehilangan daya tariknya karena meningkatnya keprihatinan akan kasus coronavirus di seluruh dunia dan naiknya inventory minyak.

Meningkatnya kasus Covid – 19 di daerah – daerah kunci di sekeliling dunia yang terjadi karena dimulainya pengurangan lockdown di seluruh dunia, telah menyebabkan sentimen investor berpindah dari “risk-on” menjadi “risk-off”. Hal ini membuat harga minyak mentah mengalami tekanan turun. Penurunan harga minyak bertambah dengan meningkatnya inventori minyak AS, yang menyebabkan harga minyak turun ke $38.20.

Penurunan lebih lanjut dari harga minyak akan berhadapan dengan “support” terdekat di $37.75 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $36.42 dan kemudian $35.66. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $39.84 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.60 dan kemudian $41.93.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here