Harga Minyak Tertekan Penurunan Permintaan dan Peningkatan Pasokan

650

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Selasa seiring pudarnya optimisme permintaan bahan bakar dan peningkatan pasokan yang membebani pasar, dengan perusahaan minyak negara Libya mempercepat kemajuan pada pembicaraan untuk melanjutkan ekspor.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun turun 24 sen, atau 0,6%, pada $ 39,46 per barel, setelah melonjak 3% pada hari Senin.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk September turun 21 sen, atau 0,5%, menjadi $ 41,50 per barel, mengupas kenaikan 92 sen pada Senin.

Optimisme pada hari Senin didasarkan pada pertumbuhan yang kuat di penjualan rumah AS yang tertunda, memperkuat keyakinan bahwa permintaan bahan bakar global meningkat terus ketika ekonomi utama dibuka kembali setelah penguncian coronavirus.

Tetapi pada saat yang sama, kasus virus corona terus meningkat di selatan dan barat daya negara-negara bagian A.S.

Sentimen bullish diperkirakan akan ada dari tanda-tanda pemulihan permintaan dalam data pada hari Selasa dari kelompok industri American Petroleum Institute, dan dari pemerintah A.S. pada hari Rabu.

Sebuah jajak pendapat pendahuluan Reuters menunjukkan analis memperkirakan pasokan minyak mentah AS turun dari rekor tertinggi pekan lalu dan persediaan bensin turun untuk minggu ketiga berturut-turut.

Di sisi penawaran, investor mengamati untuk melihat apakah Libya, yang dapat menghasilkan sekitar 1% dari pasokan minyak global, dapat melanjutkan ekspor, diblokir sejak Januari di tengah perang saudara.

National Oil Corp (NOC) Libya mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya membuat kemajuan dalam pembicaraan dengan negara-negara tetangga untuk mengangkat blokade.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah tertekan kekhawatiran penurunan permintaan dan peningkatan pasokan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 38,41 – $ 37,34, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 40,00 – $ 40,76.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here