Harga Minyak Menuju Penurunan Mingguan Akibat Peningkatan Kasus Coronavirus

822

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Jumat (10/07) dan menuju penurunan mingguan karena persediaan meningkat dan kenaikan kasus virus corona baru di Amerika Serikat memicu kekhawatiran tentang laju pemulihan ekonomi dan permintaan bahan bakar.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 17 sen, atau 0,43%, menjadi $ 39,45 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 10 sen, atau 0,24%, menjadi $ 42,25 per barel.

Minyak mentah Brent diperkirakan menujun penurunan mingguan hampir 2% dan minyak mentah AS untuk penurunan hampir 4%.

Lebih dari 60.500 kasus COVID-19 baru dilaporkan di Amerika Serikat pada hari Kamis, mencetak rekor harian. Penghitungan juga merupakan hitungan harian tertinggi untuk negara mana pun sejak virus ini muncul di Cina akhir tahun lalu.

Badan Energi Internasional (IEA) menaikkan perkiraan permintaan minyak 2020 pada hari Jumat, tetapi memperingatkan bahwa penyebaran COVID-19 menimbulkan risiko bagi prospek.

Harga juga turun setelah Libya National Oil Corporation mengumumkan telah mencabut force majeure pada semua ekspor minyak setelah setengah tahun blokade oleh pasukan timur.

Persediaan minyak mentah AS naik hampir 6 juta barel pekan lalu setelah analis memperkirakan penurunan lebih dari setengah angka itu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah dengan peningkatan kasus coronavirus yang dikhawatirkan menekan ekonomi global dan permintaan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 38,56-$ 37,60. Namun jika harga naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 40,19-$ 40,87.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here