Harga Kedelai Masih Naik ke Harga Tertinggi 6 1/2 Tahun

446
kedelai, soybean

(Vibiznews – Commodity) –  Harga kedelai  pada penutupan pasar hari Selasa kembali  naik dalam dua minggu terakhir  sudah 7 kali naik pada penutupan pasar karena buruh pelabuhan yang melakukan pemogokan dan kekeringan di Amerika Selatan, harga kedelai mencapai harga tertinggi 6 ½ tahun .

Harga kedelai Maret di CBOT naik 42 sen menjadi $12.9925 per bushel, harga soymeal Maret naik $11.6 menjadi $424.3 per ton dan harga minyak kedelai naik 70 sen menjadi $41.75.

Pemogokan di Argentina berlanjut karena tidak ada kesepakatan dalam pembicaraan upah. Pemogokan dari pekerja di pelabuhan mengganggu pengiriman minyak kedelai, soymeal dan ekspor lainnya

Harga kedelai meningkat karena permintaan akan kedelai AS meningkat, tapi kenaikan terhambat karena hujan turun di Amerika Selatan. Laporan ekspor mingguan masih  dalam perkiraan namun di jumlah terendah pada tahun marketing ini. Persediaan akhir dari kedelai sedikit dan diperkirakan akan bertambah sedikit.

Eksportir menjual 233,700 ton kedelai dan 33,000 ton minyak kedelai ke negara yang tidak diketahui menurut laporan USDA, juga 125,000 ton kedelai ke negara yang tidak diketahui.

Cina masih terus membeli kedelai dari AS dalam jumlah yang kecil, beberapa pembelian dibatalkan namun negara tujuan dialihkan ke negara yang tidak dikenal.

Impor kedelai AS oleh Cina naik menjadi 6.04 juta ton naik 136% dari 2.56 juta ton pada tahun lalu.

Produksi kedelai di Brazil mengalami penurunan  karena dipengaruhi oleh cuaca kering dan kurangnya hujan akibatnya hasil panen berkurang  , namun minggu-minggu terakhir hujan sudah turun di Brazil dan Argentina, namun di Pusat dan Utara Brazil masih kering.

Menurut BAGE ( the Buenos Aires Grains Exchange) mengatakan bahwa area penanaman kedelai di Brazil akan berkurang karena cuaca kering.

Cuaca di Argentina dan Selatan Brazil masih kering sehingga tidak baik bagi tanaman kedelai dan jagung. Hujan sudah turun di Argentina pada minggu lalu namun tidak cukup untuk mengurangi kekeringan . Perkiraan di bulan Januari dimana penanaman kedelai dan jagung dilakukan cuaca masih kering di Argentina.

Analisa tehnikal untuk kedelai dengan support pertama di $12.37 dan berikut ke $12 sedangkan resistant pertama $12.74 dan berikut ke $12.88.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here