Rekomendasi Emas 16 Februari 2021: Tertekan Dibawah $1,820 Ditengah Sentimen “Risk-On”

880

(Vibiznews – Commodity) Emas diperdagangkan dalam tekanan jual pada pertengahan pertama perdagangan sesi Eropa dan terakhir bertengger dekat rentang harga lebih rendah disekitar $1,818.

Metal berharga emas gagal mengkapitalisir kenaikan intraday pada hari Jumat minggu lalu dari kerendahan di area $1,810 karena bertemu dengan “supply” baru pada hari pertama perdagangan yang baru. Penurunan ini disponsori oleh kombinasi faktor ditengah kecenderungan turunnya dollar AS.

Kemajuan vaksinasi terhadap penyakit menular coronavirus dan harapan akan dikeluarkannya stimulus fiskal dalam jumlah yang besar merupakan faktor pendukung sentimen “bullish” di pasar keuangan yang pada gilirannya menjadi salah satu faktor yang membebani emas yang “safe-haven”.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Menguatnya ekspektasi akan dikeluarkannya stimulus fiskal yang baru telah mendorong naik yield obligasi pemerintah AS ke level tertinggi sejak Februari 2020 yang selanjutnya membuat arus dana keluar dari emas yang tidak memberikan yield sama sekali.

“Support” terdekat menunggu di $1,811.24 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800.97 dan kemudian $1,791.00. “Resistance” terdekat menunggu di $1,831.28 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,841.05 dan kemudian $1,851.32.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here