Rekomendasi Emas 11 Maret 2022: Naik di tengah Goyahnya Pasar Saham

1993

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis, karena permintaan safe-haven ditengah keengganan terhadap resiko yang masih tinggi di pasar. Pasar saham global masih goyah di tengah krisis geopolitik terbesar setelah beberapa dekade yang kelihatannya memburuk.

Emas berjangka kontrak bulan April naik $3.00 ke $1,994.30 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Mei naik $0.314 ke $26.125 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam dengan saham-saham Eropa kebanyakan turun sementara saham – saham Asia kebanyakan naik. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Rally saham AS pada hari Rabu dipandang sebagai lompatan sesaat saja. Indeks saham AS tetap berada pada tren turun dalam jangka pendek dalam grafik harian. Keengganan terhadap resiko tetap tinggi di tengah berlangsungnya perang Rusia – Ukraina. Pembicaraan perdamaian antara ke dua belah pihak tidak menghasilkan apa-apa termasuk yang berlangsung pada hari Kamis.

Angka inflasi AS, Consumer Price Index (CPI) bulan Februari muncul naik ke 7.9% YoY sesuai dengan yang diperkirakan, namun naik dari bulan Januari di 7.5%,  membuat inflasi AS menyentuh ketinggian selama empat dekade yang baru. Hal ini membantu menopang kenaikan harga emas.

“Support” terdekat menunggu di $1,985 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,976 dan kemudian $1,955.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,007 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,025 dan kemudian $2,037.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido