Rekomendasi Minyak 21 Juli 2022: Masih Berhasil Bertahan Mengarah ke $100.00

549

(Vibiznews – Commodity) Setelah pada hari Selasa berhasil bertahan dan diperdagangkan mengarah ke $100 di sekitar $99.79 per barel, harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada hari Rabu masih berhasil bertahan dan diperdagangkan mengarah ke $100 di sekitar $99.73 per barel.

Tekanan turun terhadap harga minyak mentah WTI terutama disebabkan oleh laporan dari American Petroleum Institute (API). API melaporkan naiknya inventori minyak mentah Amerika Serikat selama minggu lalu sebanyak 1,86 juta barel. Sementara inventori dari gasoline juga mengalami kenaika sebesar 1.29 juta barel.

Turunnya harga minyak mentah WTI karena laporan dari API tertahan oleh cerita kegagalan Presiden AS Joe Biden untuk memperoleh janji kenaikan supply minyak dari kartel minyak terbesar OPEC. Pemerintahan AS sekarang ini berkomitmen untuk membawa harga minyak mentah kepada kestabilan.

Untuk itu Presiden AS Joe Biden mengunjungi Arab Saudi dalam rangka memperoleh lebih banyak supply minyak mentah. Namun dengan tidak diperolehnya janji dari OPEC Plus untuk menambah lebih banyak lagi supply, hal ini membatasi penurunan harga minyak mentah lebih jauh.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $98.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $97.39 dan kemudian $96.62. “Resistance” yang terdekat menunggu di $99.89 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $100.63 dan kemudian $101.81.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.