Rekomendasi Minyak 25 Agustus 2022: Turun dari Ketinggian Intraday

503

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu turun 0.40% dari ketinggian intraday di $95.17 ke sekitar $93.37 per barel, menghentikan tren naik dua hari berturut-turut dekat ketinggian dua minggu.

Sebelum turun ke level $93, harga minyak mentah WTI sempat naik ke level $95. Kenaikan harga minyak mentah WTI terutama disebabkan oleh komentar dari OPEC bahwa kartel minyak terbesar ini sedang mempertimbangkan pemangkasan produksi yang cukup besar untuk meng – offset penurunan belakangan ini. Hal ini memperburuk sentimen pasar. Bagi OPEC, harga minyak mentah yang lebih murah merupakan ketidakseimbangan karena menurunkan revenue mereka – sementara naiknya harga minyak mentah adalah optimal.

Turunnya harga minyak mentah disebabkan kombinasi beberapa faktor antara lain kembali menguatnya dollar AS. Selain itu permintaan agar OPEC+ tidak memangkas produksi minyak mentahnya kelihatannya menjadi katalisator utama dari turunnya harga minyak mentah. Faktor lainnya lagi yang menyebabkan turunnya harga minyak mentah WTI adalah rencana kembalinya Iran ke pasar minyak mentah.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $93.11 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $92.34 dan kemudian $91.17. “Resistance” yang terdekat menunggu di $94.28 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $94.70 dan kemudian $95.85.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.