Rekomendasi Minyak 26 Oktober 2022: Naik karena Melemahnya USD

423

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa berhasil naik sekalipun masih dalam tekanan turun. Minyak mentah WTI diperdagangkan naik ke sekitar $85.46 per barel.

Kekuatiran akan resesi yang bisa mengurangi demand terhadap minyak mentah masih terus membebani harga minyak mentah WTI. Kekuatiran akan resesi lebih besar dibandingkan dengan dampak dari turunnya dollar AS menjelang jam perdagangan sesi AS dan juga lebih besar dari ketakutan yang mengancam dari krisis supply karena ketegangan geopolitik.

Namun, melemahnya dollar AS secara luas telah mendorong naik harga minyak mentah WTI yang berdenominasi USD.

Indeks dollar AS terus berada di posisi di bawah, berjuang untuk bisa bangkit, dengan absennya para pejabat the Fed yang biasa berbicara dan buruknya data ekonomi AS yang keluar.

Meningkatnya inflasi telah berdampak terhadap angka Consumer Confidence AS yang keluar. Conference Board melaporkan bahwa indeks Consumer Confidence AS bulan Oktober jatuh ke 102.5 dari angka bulan September di 107.8. Dan angka yang keluar juga jauh meleset dari angka yang diperkirakan dimana para ekonom memperkirakan angka yang keluar akan berada pada 105.9.

Hal lain lagi yang membuat dollar AS kalah terhadap matauang utama dunia lainnya yang menjadi rivalnya adalah turunnya yields obligasi treasury dan positipnya saham berjangka AS.

Angka pendahuluan Purchasing Manager Index (PMI) bulan Oktober yang buruk menunjukkan bahwa perekonomian negara – negara maju dari Barat sedang menghadapi saat yang sulit yang akan bisa membuat turunnya demand atas minyak mentah secara signifikan.

Selain itu, dampak dari lockdown yang berlarut – larut di Cina akibat meningkatnya kasus baru Covid – 19, di negara Cina, telah mengakibatkan turunnya permintaan sebesar 2.0%.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $84.14 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $83.90 dan kemudian $82.84. “Resistance” yang terdekat menunggu di $86.04 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $85.76 dan kemudian $87.44.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.