Bursa Eropa 26 Januari Dibuka Kuat Karena Laporan Kuartalan Optimis

329
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham di Eropa dibuka sedikit menguat pada perdagangan hari Kamis (26/1/2023) dan indeks rebound dari pelemahan sebelumnya.

Semua indeks utama dibuka dalam zona hijau dengan indeks STOXX 600 pan-Eropa menguat 0,50% ke 454,22. Indeks saham Jerman naik dari terendah sepekan sebelumnya.

Sentimen positif dari laporan pendapatan  beberapa perusahaan utama Eropa yang optimis seperti SEB melaporkan kenaikan pendapatan bersih Q4 yang mengalahkan perkiraan.

Selain itu perusahaan telekomunikasi Nokia membukukan laba operasi kuartalan yang lebih baik dari perkiraan dan memperkirakan penjualan 2023 yang lebih tinggi.

Demikian pembuat chip STMicroelectronics mengalahkan ekspektasi penjualan kuartal keempat. Pembuat truk AB Volvo laporkan kenaikan laba  Q4 yang sedikit lebih kecil.

Sentimen terangkat oleh pembukaan kembali China, musim dingin ringan yang tak terduga, dan data aktivitas yang tangguh di zona euro.

Terpantau indeks bursa saham Jerman DAX40 sedang menguat 0,37% , indeks saham Perancis  CAC 40 sedang naik sekitar 0,76% dan bursa Inggris FTSE naik 0,28%.