Rekomendasi Minyak 8 Maret 2023: Gagal Bertahan di Sekitar $80.00

429

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Selasa, diperdagangkan turun ke sekitar $78.40 per barel.

Harga minyak mentah WTI turun setelah testimoni ketua the Fed Jerome Powell yang menyebabkan indeks dollar AS naik 0.93% ke 105.282 dan membangkitkan kekuatiran akan resesi yang bisa menyebabkan turunnya permintaan akan minyak mentah ke depannya.

Powell menyampaikan bahwa tingkat bunga akan naik lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Harga minyak mentah WTI bergerak naik turun dalam rentang harga yang sempit pada awal perdagangan sesi Asia. Harga minyak mentah WTI berputar di sekitar $80.50 dengan para investor menunggu testimoni ketua the Fed Jerome Powell di depan Kongres AS. Para investor menahan diri untuk masuk posisi yang signifikan di minyak mentah karena petunjuk mengenai tingkat bunga dari Powell akan memberikan tanda – tanda mengenai permintaan minyak mentah ke depannya.

Pasar berharap Powell akan menahan diri dari membuat pernyataan yang hawkish dengan data ekonomi AS bulan Januari secara massif menunjukkan ekonomi AS masih berjuang dengan tingkat bunga yang tinggi dari the Fed. Meskipun demikian, tanda – tanda tingkat bunga yang hawkish masih terlihat dengan level indeks harga sekarang ini masih jauh dari yang diinginkan.

Pada hari Selasa, data inventori minyak mentah yang akan keluar dari American Petroleum Institute (API) akan diamati dengan seksama. Data persediaan minyak mentah AS selama tiga minggu berturut-turut yang lalu menunjukkan kenaikan yang besar.

Kecenderungan naik dari harga minyak mentah tetap utuh dengan wakil ketua China’s National Development and Reform Commission of the People’s Republic of China (NDRC) mengatakan di dalam pernyataan pada hari Senin bahwa ekonomi Cina sedang membaik dengan mantap.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $77.62 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $76.85 dan kemudian $75.65. “Resistance” yang terdekat menunggu di $79.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $80.13 dan kemudian $81.05.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.