Rekomendasi Emas 5 Mei 2023: Naik Cetak Rekor karena Permintaan Safe-Haven

613

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik mencetak rekor ketinggian yang baru dalam perdagangan semalam pada awal jam perdagangan sesi AS hari Kamis, karena permintaan safe – haven, di tengah kegelisahan dalam sistem perbankan AS dan kekuatiran akan resesi ekonomi AS dan global.

Emas berjangka kontrak bulan Juni naik $8.30 ke $2,047.20 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Mei naik $0.234 ke $25.915 per ons.

Keengganan terhadap resiko meningkat pada akhir minggu menyusul kenaikan tingkat bunga berikutnya oleh Federal Reserve AS pada hari Rabu malam kemarin. Kenaikan tingkat bunga sebesar 25 bps ini sudah diperkirakan secara luas akan terjadi, namun hal ini menambah kesulitan kepada sistem perbankan AS yang sebagian sedang goyah.

Laporan – laporan mengatakan bahwa saat ini PacWest Bancorp, bank pemberi pinjaman yang berbasis di California sedang menghadapi masalah. Harga sahamnya turun 60% dalam perdagangan pada hari Rabu dan sedang dipertimbangkan untuk dijual. Sekalipun Pac West jauh lebih kecil di dalam ukurannya dibandingkan dengan Silicon Valley Bank dan First Republic Bank yang telah tumbang lebih dulu, namun berita ini membuat kekacauan perbankan AS menjadi berita utama di pasar dan membuat para trader dan investor gelisah.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi pada saat jam perdagangan sesi New York dimulai.

European Central Bank akan mengadakan pertemuan pada hari Kamis dan diperkirakan akan juga menaikkan tingkat suku bunga utamanya sebesar seperempat poin.

Pasar juga sedang menunggu keluarnya laporan pekerjaan dari Departemen Tenaga Kerja AS. Angka kunci dari Non-farm Payrolls diperkirakan akan muncul di 180.000 dibandingkan dengan kenaikan sebesar 236.000 pada laporan bulan Maret.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya indeks dollar AS. Harga minyak mentah Nymex sempat turun menyentuh kerendahan 1 ½ tahun di $63.64 namun akhirnya berhasil rebound dan sekarang diperdagangkan di sekitar $68.50 per barel. Sementara itu, yields treasury AS benchmark 10 tahun turun ke 3.367% karena pelarian dana ke tempat yang aman di tengah goyahnya saham perbankan AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $1,980.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,063 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,085 dan kemudian $2,100.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.