Rekomendasi Minyak 14 Juli 2023: WTI Rally Setelah Keluar Angka CPI AS

378

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis  melanjutkan kenaikan ke sekitar $77.03 per barel.

Harga minyak mentah WTI naik ke level tertinggi sejak bulan Mei di tengah lingkungan pasar yang “risk-on” yang dinyalakan oleh keluarnya angka inflasi AS yang lemah. Kenaikan harga minyak mentah WTI ini mengarah mengetes resistance Simple Moving Average 200 hari di $77.23.

Angka inflasi yang keluar memberikan signal akan positipnya lingkungan pasar yang membuat saham-saham melompat naik dan yields treasury AS turun.

Bureau of Labor Statistics AS melaporkan bahwa angka inflasi AS bulan Juni yang diukur oleh Consumer Price Index (CPI) turun ke 3% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan 3.1% dan dari angka sebelumnya di 4%, sementara angka inflasi inti turun ke 4.8% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan 5% dan dari angka sebelumnya 5.3%.

Sebagai akibatnya yields treasury AS turun secara luas. Yields 2 tahun turun ke 4.72% sementara yields 5 tahun turun ke 4.09% dan yields 10 tahun turun ke 3.90%.

Indeks saham utama AS naik ke ketinggian tahunan. S&P 500 (SPX) lompat ke level tertinggi sejak bulan April 2022, sementara Nasdaq Composite (NDX) lompat ke ketinggian sejak bulan Januari 2022. Dow Jones Industrial Average (DJI) berada di ketinggian dekat level yang belum pernah terlihat lagi sejak Desember 2022.

Lingkungan pasar yang sangat positip ini yang direfleksikan dengan naiknya assets-assets yang lebih berisiko, memberikan dorongan bagi naiknya harga minyak mentah.

Meskipun demikian, investor seharusnya tidak bertaruh bahwa Federal Reserve AS akan menjadi dovish. Menurut CME FedWatch tool, kenaikan tingkat bunga sebesar 25 bps terus diperhitungkan dalam harga untuk pertemuan FOMC the Fed berikutnya di bulan Juli ini dan kenaikan tingkat bunga berikutnya pada tahun ini belum diambil dari rencana the Fed.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $74.92 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.06 dan kemudian $72.52. “Resistance” yang terdekat menunggu di $76.57 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.35 dan kemudian $78.50.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.