Rekomendasi Emas 7 Maret 2024: Naik Mendekati “All Time High”.

549
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu, melanjutkan kenaikannya ke ketinggian baru pada tahun 2024, di sekitar $2,140, mendekati level “all time high” di $2,145 yang dicapai pada Desember 2023, meskipun Powell memberikan komentar yang “hawkish”.

Yield obligasi treasury AS benchmark 10 tahun tetap berada di teritori negatip setelah keluarnya data employment AS sektor swasta yang lemah sehingga mendorong naik harga emas.

ADP Research Institute AS telah melaporkan payrolls swasta AS bulan Februari yang lebih rendah daripada yang diperkirakan. Perusahaan – perusahaan swasta AS hanya memperkerjakan 140.000 pencari kerja, lebih rendah daripada yang diperkirakan pasar sebesar 150.000, meskipun lebih tinggi daripada angka bulan Januari yang direvisi ke 111.000.

Menurut Departemen Tenaga Kerja AS, di dalam laporan JOLTS (Job Openings and Labor Turnover Survey), jobs openings, ukuran dari permintaan tenaga kerja, turun ke 8.860.000 pada akhir bulan Januari.

Meskipun demikian, angka pekerjaan yang tersedia sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan dengan para ekonom memperkirakan penurunan ke 8.800.000. Sementara data bulan Desember direvisi turun ke 8.890.000 dibandingkan dengan perkiraan awal di 9.030.000.

Harga emas terus naik meskipun ketua Federal Reserve AS (the Fed) Jerome Powell menghindar dari memberikan kapan waktu konkrit diturunkannya tingkat bunga the Fed.

Pada pernyataan yang disiapkan oleh Powell di dalam laporan kebijakan moneter setengah tahunan yang disampaikan kepada Kongres AS, dikatakan bahwa Powell tidak yakin inflasi AS akan kembali ke 2%.

Powell menambahkan bahwa Tingkat bunga kemungkinan sudah berada pada posisi puncaknya dalam siklus pengetatan sekarang ini. Dan Powell menambahkan lagi, “kemungkinan pantas untuk mulai kembali ke kebijakan restriksi pada suatu waktu di tahun ini.”

Perkiraan pasar mengenai kebijakan moneter Federal Reserve AS (the Fed) tidak berubah setelah komentar Powell yang hawkish. Menurut CME FedWatch Tool, pasar masih melihat kemungkinan 70% the Fed akan menurunkan tingkat bunganya pada bulan Juni.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,133 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,112 dan kemudian $2,000. “Resistance” terdekat menunggu di $2,147, yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,166 dan kemudian $2,180.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.