Harga Gula Kuartal 1 – 2024 Melonjak Terpicu Penurunan Produksi India dan Thailand, Juga Pola Cuaca El Nino

238
gula

(Vibiznews – Commodity) Harga gula berjangka di New York pada perdagangan akhir bulan Maret pada hari Kamis naik ke level tertinggi dalam 1 bulan terdukung kenaikan harga minyak mentah.

Harga gula berjangka kontrak bulan Mei 2024 berakhir naik 1,49% pada 22,52 sen per pon.

Kenaikan harga minyak mentah ke level tertinggi dalam 1 minggu mendorong kenaikan harga gula. Penguatan harga minyak mentah menguntungkan harga etanol dan mungkin mendorong pabrik gula global mengalihkan lebih banyak penghancuran tebu ke produksi etanol dibandingkan gula, sehingga membatasi pasokan gula.

Untuk minggu ini harga gula menguat 2,09%, yang mendapat dukungan tambahan sejak Senin ketika produsen gula AS menyerukan pengurangan impor gula dari Meksiko. Koalisi Gula Amerika meminta pemerintah AS untuk menurunkan jumlah gula yang dapat dikirim Meksiko ke AS sebesar 44%, yang kemungkinan akan meningkatkan harga dan mengharuskan AS membeli gula dari negara lain, sehingga memanfaatkan pasokan gula global yang sudah terbatas.

Sedangkan untuk bulan Maret, harga gula merosot 0,75% tertekan peningkatan produksi Brazil, cuaca hujan di Brazil dan pelemahan mata uang Real Brazil.

Laporan Unica menunjukkan produksi gula Tengah-Selatan Brazil pada paruh pertama bulan Maret adalah 64.000 MT, naik +313% dari waktu yang sama tahun lalu. Selain itu, produksi gula Brasil sejauh ini pada tahun pemasaran 2023-24 hingga pertengahan Maret naik +25,8% y/y menjadi 42,245 MMT. Pabrik gula di Brazil telah meningkatkan penghancuran tebu mereka untuk mendapatkan lebih banyak gula dan lebih sedikit etanol. Pabrik gula telah menghancurkan 48,96% total tebu untuk produksi gula tahun ini, naik dari 45,93% tahun lalu.

Namun untuk kuartal pertama tahun 2024 ini harga gula melonjak 5,28%.

Lonjakan kenaikan harga gula didukung dengan berkurangnya produksi gula di India. Asosiasi Pabrik Gula India (ISMA) melaporkan Senin lalu bahwa produksi gula India tahun 2023/24 dari Oktober hingga 15 Maret turun -0,7% y/y menjadi 28,1 MMT.

Demikian juga berkurangnya produksi gula Thailand merupakan bullish bagi harga gula setelah Thai Sugar Millers Corp memproyeksikan pada tanggal 6 Februari bahwa produksi gula Thailand pada tahun 2023/24 akan turun sebesar -32% y/y ke level terendah dalam 17 tahun sebesar 7,5 MMT karena kekeringan yang parah. Curah hujan di Thailand berada di bawah periode yang sama tahun lalu, dan sistem cuaca El Nino saat ini dapat terus menekan curah hujan di Thailand. Pabrik gula di Thailand melaporkan hasil terendah dari tebu yang dihancurkan tahun ini dalam setidaknya 13 tahun terakhir. Thailand adalah produsen gula terbesar ketiga di dunia dan eksportir gula terbesar kedua.

Harga gula mendapat dukungan dari peristiwa cuaca El Nino tahun ini. Pola cuaca El Nino biasanya menyebabkan hujan lebat di Brasil dan kekeringan di India, sehingga berdampak negatif pada produksi tanaman gula.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga gula akan mencermati kondisi cuaca di Brazil, jika terjadi hujan besar, akan dapat menekan harga gula. Juga dicermati perkembangan produksi di Brazil, yang jika masih meningkat, akan juga menekan harga gula. Harga gula diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 22,19-21,86. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 22,72-22,92.