Inflasi Zona Eropa Bulan Maret Turun; Meningkatkan Ekspektasi Penurunan Suku Bunga Bulan Juni

289
bursa eropa

(Vibiznews – Economy & Busines) Tingkat inflasi di Kawasan Euro turun menjadi 2,4% tahun-ke-tahun pada bulan Maret 2024, menyamai level terendah dalam 28 bulan di bulan November dan jauh dari ekspektasi pasar sebesar 2,6%, berdasarkan perkiraan awal. Penurunan inflasi ini meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga yang akan dimulai pada musim panas.

Inflasi inti yang tidak termasuk harga pangan dan energi yang berfluktuasi, juga turun menjadi 2,9%, yang merupakan titik terendah sejak Februari 2022 dan di bawah perkiraan sebesar 3,0%.

Harga energi mengalami penurunan sebesar 1,8% (vs -3,7% di bulan Februari), sementara laju kenaikan harga melambat untuk makanan, alkohol & tembakau (2,7% vs 3,9%), dan barang industri non-energi (1,1% vs 1,6% ).

Di sisi lain, inflasi jasa tetap stabil pada 4,0%. Secara bulanan, harga konsumen meningkat sebesar 0,8% di bulan Maret, menyusul kenaikan 0,6% di bulan Februari.

Kenaikan harga di Perancis dan Spanyol lebih rendah dari perkiraan minggu lalu. Pada hari Selasa, inflasi utama di negara dengan ekonomi terbesar di blok tersebut, Jerman, diperkirakan berada pada level terendah dalam tiga tahun sebesar 2,2%.

Pasar memperkirakan bank sentral zona euro akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni. Mereka selanjutnya akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada 11 April.