Harga Karet Tocom Akhir Pekan Anjlok

635

Harga karet alami berjangka di akhir perdagangan bursa Tocom siang ini berhasil bertahan di teritori negatif (16/10). Harga karet alami Tocom mengalami pergerakan yang cenderung melemah pada sesi perdagangan terakhir pekan ini akibat aksi jual jelang akhir pekan. Sentimen positif yang timbul gagal memberikan dorongan menguat untuk harga karet berjangka ini.

Pada perdagangan hari ini nilai tukar yen Jepang mengalami penurunan dan harga minyak mentah mengalami rebound. Kedua sentimen tersebut biasanya memberikan dukungan kenaikan terhadap harga karet Tocom. Akan tetapi pada sesi perdagangan Jumat ini kedua sentiment tersebut gagal memberikan dorongan.

Pada perdagangan hari ini harga karet alami berjangka ditutup turun signifikan. Harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Maret 2016 berakhir dengan membukukan penurunan yang cukup tajam yaitu sebesar 2,2 yen atau setara dengan 1,26 persen menjadi 172,2 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka di Tocom pada perdagangan selanjutnya akan kembali dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar yen Jepang dan harga minyak mentah. Kedua indikator tersebut merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga karet alami Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level resistance di 180,00 yen dan 185,00 yen. Harga akan menemui support pada level 165,00 dan 160,00 yen jika harga melanjutkan perjalanannya ke teritori negatif.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here