Harga Karet Tocom Kontrak April Bergerak Terbatas, Sentimen di Pasar Masih Mixed

1388

Harga karet Tocom pada perdagangan Rabu pagi hari ini terpantau mengalami pergerakan yang mixed dan terbatas (28/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu April 2016 mengalami penurunan setelah sempat dibuka di teritori positif. Yen yang masih cenderung menguat dan harga minyak mentah yang lesu memegang peranan dalam memberikan sentimen negatif ke pasar karet alami Tocom hari ini.

Harga minyak mentah masih berada di kisaran paling rendah dalam dua bulan belakangan. Hingga hari ini harga minyak mentah belum menemukan pijakan untuk melakukan rebound. Dampaknya permintaan terhadap karet alami masih lesu karena para pembeli masih mengincar karet sintetis yang biaya produksinya sedang murah.

Sementara itu nilai tukar yen juga masih berpotensi untuk melanjutkan fase penurunan untuk tiga sesi berturut-turut. Pagi ini yen sedikit melemah namun belum sepenuhnya terbebas dari  pola menguat terhadap dollar AS.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak April 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 158,9 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penguatan yang signifikan yaitu sebesar 0,4 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau berada di teritori negatif yaitu pada posisi 158,4 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk mengalami pergerakan yang sideways. Setelah penurunan tajam harga karet pada perdagangan kemarin ada kemungkinan para pelaku pasar akan memanfaatkan harga murah untuk melakukan aksi bargain hunting.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 152,00 yen. Support selanjutnya ada di 147,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 165,00  yen dan 170,00  yen.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here