Produksi Industri Zona Euro Mengecewakan

550

Data produksi industri di zona euro, yang bernaggotakan 19 negara turun tajam pada bulan November, hasil yang dapat membebani pertumbuhan ekonomi di wilayah ini selama kuartal akhir 2015.

Eurostat, badan statistik Uni Eropa, mengatakan Rabu (13/01) bahwa hasil produksi menurun 0,7 persen secara bulanan, kurang lebih dua kali lebih rendah dari ekspektasi. Cuaca hangat di banyak bagian wilayah menjadi penyebab banyak penurunan sebagai yang menekan permintaan energi.

euro-area-industrial-production-mom

Namun, revisi ke atas untuk bulan sebelumnya menunjukkan peningkatan persen 0,8 per membantu meredakan kekhawatiran.

Sedangkan secara tahunan juga menurun, membukukan hasil 1.1%, turun dari hasil sebelumnya 2.0%, dan kurang dari ekspektasi para ekonom pada 1.3%.

Seperti diketahui, Industri Jerman sebenarnya tertinggal dari rata-rata zona euro di -0.3% (YoY), terutama terpukul oleh perlambatan di Tiongkok dan pasar negara berkembang lainnya. Industri Perancis sebaliknya lebih baik berada di 2,8% (YoY).

Menariknya, ini adalah cerita yang berbeda dari yang diceritakan oleh PMI, yang menunjukkan PMI manufaktur Jerman masih lebih baik dari Perancis. Tetapi perbedaan antara data lembut PMI dan data produksi industri memperpanjang lebih jauh: sementara PMI manufaktur zona euro mencapai nilai tertinggi pada bulan Desember sejak April 2014, data produksi industri pada dasarnya telah bergerak sideways sepanjang 2015.

Pesanan baru untuk barang manufaktur, secara terpisah diukur oleh ECB, mengkonfirmasi bahwa tidak semuanya baik. Pesanan baru pulih sedikit pada bulan Oktober tapi masih 3,6% lebih rendah dari puncak mencapai pada pertengahan 2015.

Ini masih harus dilihat apakah penguatan permintaan zona euro akan tetap mampu mengimbangi kelemahan di tempat lain dalam perekonomian dunia dalam beberapa bulan ke depan.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here