Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Turun 3 Persen; Mingguan Masih Naik 1 Persen

897

Harga minyak mentah turun sekitar 3 persen pada akhir perdagangan akhir pekan pada hari Jumat terpicu peningkatan jumlah kilang minyak AS untuk minggu kedua berturut-turut dan penguatan dolar AS menekan permintaan untuk minyak mentah berjangka.

Jumlah kilang minyak yang beroperasi di bidang AS naik 3 menjadi 328 pada minggu sebelumnya, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes melaporkan. Pada saat ini tahun lalu, pengebor memiliki 635 kilang minyak yang beroperasi.

Analis mengatakan bahwa rebound dolar AS telah menekan harga minyak dengan membuat impor bahan bakar bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lain menjadi lebih mahal.

Indeks dolar AS naik hampir 0,8 persen, menambah tekanan pada minyak, karena pasar keuangan global suram membuat investor mencari mata uang safe haven.

Namun, permintaan keseluruhan yang kuat untuk minyak terutama dari kilang, serta gangguan pasokan, yang membantu untuk menjaga harga jatuh lebih cepat dan lebih jauh.

“Meskipun jatuh sedikit semalam, prospek minyak (harga) tetap positif, yang harus menjaga tren baru-baru ini utuh,” tambah ANZ.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun 2,9 persen lebih rendah, atau $ 1,49, pada $ 49,07.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Internasional Brent turun $ 1,43, atau 2,8 persen, ke $ 50,52 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Stabil di Perdagangan Asia

Pelemahan dalam bursa saham Wall Street juga menekan harga minyak mentah berjangka Brent dan minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI).

Sabotase industri minyak Nigeria oleh pemberontak telah membatasi kerugian di Brent dan WTI awal sesi. Kelompok Niger Delta Avengers meledakkan jalur minyak Obi Obi Brass yang dijalankan oleh ENI, menambah kesengsaraan ekonomi minyak terbesar di Afrika tersebut.

Baker Hughes mengatakan pekan lalu pengebor minyak AS menambahkan 9 kilang minyak pada minggu hingga 3 Juni, membuat total kilang minyak mencapai 325, karena harga minyak diperdagangkan di atas atau dekat $ 50. Sebelum itu, pengebor memotong kilang minyak rata-rata 10 per minggu tahun ini, setelah penurunan rata-rata 18 kilang per minggu tahun lalu, di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan.

Harga minyak mentah telah hampir dua kali lipat sejak mencapai terendah dalam lebih dari satu dekade di awal 2016 dengan permintaan kuat dan penawaran gangguan mengikis kekenyangan yang ditarik ke bawah harga sebanyak 70 persen dari puncaknya pada pertengahan 2014.

Secara mingguan harga minyak mentah masih membukukan hasil positif naik 0,93 persen, sebagian besar terdukung penurunan produksi mingguan AS dan gangguan pasokan. Rebalancing pasar sedang berlangsung. Di sisi permintaan, aktivitas penyulingan global mencapai tertinggi pada catatan dengan gangguan pasokan minyak mentah di seluruh dunia memperketat pasar.

Data di Thomson Reuters Eikon menunjukkan bahwa saat ini tersedia kapasitas penyulingan global akan mencapai 101.800.000 barel per hari (bph) pada bulan Agustus, tertinggi pada catatan, dan naik dari sekitar 97.250.000 barel per hari pada bulan Maret.

Dari kapasitas yang tersedia, bank investasi Jefferies mengatakan Jumat bahwa pemanfaatan kilang AS saja mencapai 90,9 persen pada minggu pertama Juni.

Para pedagang mengatakan ini berarti produsen harus memompa setiap barel minyak mentah yang mereka bisa untuk memenuhi permintaan kilang, dan bahwa gangguan pasokan di seluruh dunia – dari kebakaran hutan Kanada, sabotase di Nigeria, dan penurunan produksi di Amerika Serikat, Venezuela dan Asia – akan memperketat pasar dan menghabisi persediaan.

Namun produksi kilang yang tinggi bisa segera menghabisi kapasitas cadangan, dimana perbedaan antara kapasitas yang tersedia dan terpasang, akan jatuh di bawah setengah juta barel per hari, turun sejak akhir 2013, demikian data menunjukkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak turun dengan sentimen kekenyangan pasokan dan penguatan dollar AS jika berlanjut. Harga akan menembus kisaran Support $ 48,50- $ 48,00, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 50,00 – $ 50,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here