Preview: Perkiraan Federal Reserve & FOMC Statement

612

Federal Reserve tetap mempertahankan tingkat bunga tidak berubah di bulan April, tetapi pintu tetap terbuka untuk kenaikan tingkat bunga di bulan Juni. Untuk bulan Juni ini kemungkinan kenaikan tingkat bunga sudah tidak ada. Brexit dan laporan pekerjaan yang buruk berarti Fed mengalami kekeliruan. Dengan asumsi data membaik dan tidak terjadi Brexit, kemungkinan masih akan ada kenaikan dipertengahan musim panas.

Pasar memperkirakan the Fed akan mempertahankan tingkat bunganya pada hari ini. Hal ini tidaklah mengherankan dengan laporan ekonomi yang bercampur dan meningkatnya kekuatiran dunia mengenai potensi hantaman makro jika pemungutan suara di Inggris memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa pada minggu depan.

Berita riil yang terupdate adalah perkiraan kuartalan dari bank, yang perlu dipelajari adalah apakah perkiraan GDP untuk tahun ini telah dirubah.

Di revisi bulan Maret, the Fed memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 2.1% – 2.3%, turun sedikit dari proyeksi bulan Desember. Apabila ada penurunan lagi hal ini akan mempengaruhi besarnya prospek kenaikan tingkat bunga pada masa yang akan datang.

Update pada bulan Maret juga memperkirakan GDP 2017 tetap di range 2%-2.3%. Dengan perkataan lain, the Fed telah memperkirakan pertumbuhan yang sedikit untuk memberikan pelonggaran lebih lanjut di dalam jangka pendek, yang tidak memberikan dukungan bagi perubahan kebijakan kearah “hawkish”.

Jika outlook yang luas ini tetap utuh di dalam rilis data pada hari ini, apakah ini memberikan dasar bagi kenaikan tingkat bunga? Mungkin Janet Yellen akan mengungkapkannya pada konferensi pers nya yang dimulai pada 01:30.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here