Harga Minyak Mentah AS Akhir Pekan Naik 1 Persen; Bulan Juli Anjlok Hampir 18 Persen

797

Harga minyak mentah mixed pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari, dengan harga minyak mentah WTI naik di tengah aksi short covering setelah penurunan selama seminggu, namun berada di jalur pelemahan di tengah kekhawatiran kekenyangan pasokan terus-menerus.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 46 sen, atau 1,12 persen, pada $ 41,60 per barel, dan terakhir naik 34 sen menjadi $ 41,48 per barel. Pada bulan Juli minyak WTI anjlok -17,75 persen di dekat penurunan terbesar sejak Juli 2015.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 21 sen menjadi $ 42,49 dengan 2:39 p.m ET, turun 0,49 persen. Bulan Juli minyak mentah Brent turun -16,3 persen.

Pertumbuhan ekonomi lebih lambat dan persediaan yang tinggi dalam produk minyak mentah dan olahan telah menekan minyak mentah Brent dan AS West Texas Intermediate (WTI) sekitar 20 persen lebih rendah dari tahun 2016 tertinggi mereka, secara teknis menempatkan kedua di wilayah pasar bearish.

Kedua benchmark mencapai posisi terendah April pada Jumat sebelum menehan kerugian atas apa yang pedagang gambarkan sebagai short-covering oleh investor setelah mengambil keuntungan pada taruhan bearish ditempatkan selama seminggu terakhir.

Juga pada hari Jumat, Baker Hughes melaporkan jumlah kilang minyak yang beroperasi di bidang AS naik 3 menjadi 374 pekan lalu, menandai peningkatan kelima berturut-turut. Pada saat ini tahun lalu, pengebor menjalankan 664 kilang.

Pelemahan dolar terendah tiga minggu juga mengangkat harga minyak, membuat komoditas dalam mata uang greenback, seperti minyak mentah, lebih terjangkau bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Minyak mentah yang murah telah menyebabkan penyuling untuk menghasilkan lebih banyak bahan bakar di seluruh dunia, menambah pasar yang sudah membengkak dengan pasokan. Margin penyulingan lemah menyebabkan pendapatan suram pada kuartal kedua untuk saham minyak seperti ExxonMobil, BP dan Royal Dutch Shell.

Data menunjukkan pertumbuhan lebih lemah dari perkiraan dalam ekonomi AS juga melemparkan bayangan pada pertumbuhan konsumsi minyak potensial.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah dengan sentimen kekenyangan pasokan global. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 41,10 – $ 40,60, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance 42,10 – $ 42,60.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here