Preview: Existing Home Sales AS

441

Existing home sales AS akan mendapatkan perhatian luas dalam rilis berita ekonomi pada malam hari ini. Laporan kemarin mengenai “new home sales” memberikan berita yang semangat. Transaksi bulan Juli melebihi ekspektasi yang cukup banyak dimana diperkirakan sebesar 581.000 unit. Kenyataannya “new home sales” meningkat 12.4% menjadi 654.000 unit yang mendekati ketinggian dalam 9 tahun, dari sebelumnya 582.000 unit di bulan Juni dan lebih tinggi 31.3% dibandingkan dengan angka pada tahun lalu.

Berdasarkan rilis data yang bagus dari “new home sales” kemarin, perkiraan untuk angka “existing home sales” pada malam hari ini yang merefleksikan aktifitas real estate yang lebih besar di AS juga menjadi positip.

Tetapi para ekonom melihat sebaliknya dimana akan terjadi sedikit penurunan. Existing Sales sedang berada pada jalur akan turun ke 5.520.000 unit menurut perkiraan consensus dari Econoday.com. Tetapi mungkin bisa ada kejutan yang lain untuk rilis data “existing home sales” bulan Juli ini.

Namun meskipun penjualan turun, berita ini diterhisap dalam langkah-langkah dari para traders. Penjualan secara keseluruhan telah meningkat dengan mantap sepanjang tahun ini dan satu minggu yang lemah dalam satu bulan dianggap bukanlah suatu trend.

Seorang ekonom AS di Deutsche Bank Securities di New York mengatakan, “permintaan yang menguat menjadi sempurna ketika tingkat bunga rendah dan kredit terus di longgarkan, dan konsumen mendapatkan pendapatan yang baik dari pasar tenaga kerja yang kuat”.

Angka pada malam hari ini bisa saja menyimpang dari tren bullish pada tahun ini, tetapi diperlukan kejatuhan yang sangat besar untuk meyakinkan masyarakat investor bahwa siklus penjualan perumahan yang bagus di tahun 2016 ini telah menyimpang dari alurnya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here