Penjualan Rumah September Hong Kong Naik Tertinggi 15 Bulan

699

Penjualan rumah di Hong Kong naik ke level tertinggi dalam setidaknya 15 bulan pada bulan September, data pemerintah yang dirilis Selasa (04/10) menunjukkan.

Jumlah rumah dijual mencapai 7.826 dengan nilai HK $ 56 miliar ($ 7,2 miliar), menurut angka di situs Land Registry Hong Kong. Itu naik dari 5.821 unit yang berpindah tangan pada bulan Agustus, dengan nilai HK $ 40,6 miliar.

Permintaan dari pembeli telah perlahan-lahan pulih sejak penjualan rumah jatuh ke level terendah 25-tahun pada bulan Februari, didorong oleh diskon agresif yang ditawarkan oleh pengembang Hong Kong. Mereka juga menyediakan KPR bernilai sebanyak 120 persen dari nilai properti.

Hasil ini menepis berita akhir pekan lalu dimana penjualan rumah Hong Kong, yang saat ini didominasi oleh proyek-proyek baru, melambat selama liburan Hari Nasional sebagai pembeli berbalik hati-hati setelah pengembang menaikkan harga sebanyak 10 persen dalam waktu satu bulan, kata pakar industri.

Di pasar perumahan primer, sekitar setengah dari estimasi 350 flat baru tersedia telah dijual dalam empat hari hingga Minggu, menurut data dari pengembang dan situs web pemerintah Hong Kong.

Di pasar sekunder, makelar Midland Realty mengatakan 11 transaksi tercatat sebesar 10 perumahan besar itu dipantau selama akhir pekan, 15 persen turun dari 13 penawaran akhir pekan sebelumnya

Di antara peluncuran proyek baru, Henderson Land Development telah menjual sekitar 32 dari batch pertama dari 68 apartemen di perusahaan pengembangan flat kecil Seven Victory Avenue di Ho Man Tin, menurut sumber-sumber pasar. Itu telah terdaftar 200 pembeli yang tertarik menjelang penjualan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here