Kekuatan Rupiah Rabu Gagal Hentikan Kaburnya 900 Miliar Modal Asing

680

Mengakhiri perdagangan valas tanah air hari Rabu (12/10) rupiah masih memiliki kekuatan meskipun pada perdagangan pasar spot sesi Eropa sore ini dollar AS sedang menguat terhadap beberapa rival utamanya. Namun penguatan rupiah sore ini masih berada diatas kisaran 13000, masih sama dengan kurs referensi harian yang ditetapkan BI.

Kekuatan rupiah yang tidak signifikan sepanjang hari tidak mampu menahan arus keluar  modal asing lebih besar dari arus masuk ke bursa saham  sehingga  tercetak  net sell asing  mencapai Rp963 miliar  lebih. Aksi jual investor asing cukup besar tersebut  juga  menekan  IHSG yang ditutup turun 0,3%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13025/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13035/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih lemah di 13023 dari perdagangan sebelumnya  di 12992 , demikian kurs transaksi antar bank juga diperlemah ke 13088  perdagangan sebelumnya 13057 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  meskipun kekuatan dollar AS semakin bertambah  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here