Kekuatan Dollar AS Masih Menekan Rupiah Jumat Siang

559

Pergerakan rupiah Jumat  (28/10) hingga perdagangan sesi siang di pasar spot  masih menunjukkan pergerakan negatif melanjutkan posisi tertekan di awal sesi pagi. Kekuatan dollar AS masih menekan banyak valas kawasan Asia termasuk rupiah.

Lemahnya pergerakan  rupiah hingga  siang ini menambah keluar  modal asing  dari bursa saham lebih besar dari modal yang masuk  sehingga net sell asing siang ini mencapai   Rp67 miliar lebih.  Tekanan jual yang dilakukan  investor asing tersebut ikut menekan IHSG yang turun 0,1%.

Lihat: IHSG 28 Oktober Sesi 1 Turun Tipis Tertekan Pelemahan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak  negatif dengan posisi pelemahan  0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13048/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13046/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini   diperlemah  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih rendah di 13048 dari perdagangan sebelumnya  di 13027, demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan   ke 13113 dari  perdagangan sebelumnya 13092.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi lemah pada akhir perdagangan  oleh  proyeksi penguatan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di kisaran support  13090 dan  resistance di 13000.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here