Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Merosot 2 Persen; Mingguan Anjlok 4 Persen

977

Harga minyak mentah merosot pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (29/10) terganjal keraguan pemotongan produksi yang direncanakan OPEC.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate berakhir turun 91 sen, atau 2,05 persen, pada $ 48,70 per barel. WTI telah jatuh 4,2 persen pada pekan ini untuk kerugian mingguan terbesar sejak pertengahan September.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 69 sen, atau 1,4 persen, pada $ 49,78 per. Brent mengalami penurunan mingguan hampir 4 persen.

Para pakar Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan rekan-rekannya dari produsen non-anggota OPEC seperti Rusia mulai melakukan negosiasi dua hari pada Jumat dalam membatasi produksi untuk mengekang kekenyangan global yang telah membebani pasar selama dua tahun.

Sampai akhir Jumat di Wina, pejabat masih belum setuju rincian dari rencana untuk memangkas produksi minyak dan Iran menentang langkah tersebut, demikian sumber OPEC, Jumat.

Dow Jones melaporkan pertemuan teknis itu menemui jalan buntu karena Iran dan Irak membantah data, dengan Iran mengatakan OPEC meremehkan produksinya.

Awal pekan ini, Irak mengatakan ingin dibebaskan dari pengurangan produksi karena kebutuhan pendapatan minyak untuk melaksanakan kampanye militer terhadap militan Negara Islam. Baghdad juga telah menolak bagaimana OPEC menghitung produksi minyak mentahnya.

Rusia memperkirakan pemulihan cepat dalam produksi minyak serpih AS sehingga produksi pembekuan bisa berumur pendek, demikian kantor berita Interfax melaporkan, mengutip kementerian energi Rusia.

Rusia akan mengatur pertemuan produsen minyak dalam negeri seminggu sebelum pertemuan OPEC, kata sumber-sumber industri.

Sebuah sumber yang dekat dengan salah satu perusahaan mengatakan pertemuan itu telah ditunda dari 9 November setelah diskusi yang melibatkan Igor Sechin, yang mengepalai produser negara Rusia Rosneft dan dikenal karena sikap anti-OPEC nya.

Penutupan WTI di bawah $ 49 adalah sinyal bearish karena itu berarti kisaran $ 49 hingga $ 52 dipicu oleh pesimisme pembicaraan OPEC, demikian pendapat John Kilduff, mitra pendiri di Again Capital mengatakan kepada CNBC. Sekarang bisa jatuh ke tingkat dukungan dari $ 46,40, katanya.

Analis Commerzbank mengatakan keberhasilan kesepakatan pembekuan produksi akan tergantung pada apakah produsen negara teluk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Qatar bersedia untuk memotong sendiri jika tidak ada kesepakatan dapat dicapai dengan negara lain.

Jumlah kilang minyak yang beroperasi di ladang minyak AS turun untuk pertama kalinya sejak Juni, perusahaan jasa minyak Baker Hughes melaporkan Jumat. Jumlah kilang minyak turun 2-441. Baker Hughes telah melaporkan tingkat kilang stabil atau penambahan selama 17 minggu.

Harga naik sebanyak 13 persen setelah 27 September, ketika OPEC mengumumkan penurunan produksi pertama kali yang direncanakan dalam delapan tahun. Kartel diharapkan dapat memenuhi pada 30 November untuk membicarakan berapa banyak setiap anggota individu harus memotong.

Perusahaan minyak Perancis Total SA mengatakan Jumat pihaknya perkirakan harga akan tetap stabil dan terus mengurangi biaya, sementara perusahaan Italia ENI SpA melaporkan kerugian kuartalan yang lebih besar dari perkiraan.

Namun, perusahaan AS Exxon Mobil Corp dan Chevron mampu mengalahkan ekspektasi karena pemotongan biaya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya bergerak lemah dengan pesimisme pemotongan produksi. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 48,20 -$ 47,70, sedangkan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 49,20-$ 49,70

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here