Rupiah Kamis Pagi Bergerak Sangat Kuat Lawan Dollar

756

Memulai perdagangan pasar valas tanah air  hari Kamis  (5/1), kurs rupiah dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya dibawah kisaran 13400 terus bergerak positif dan kuat. Penguatan rupiah mendapat pijakan kuat dari terpukulnya dollar AS di pasar global dan support dari menguatnya kurs referensi yang ditetapkan BI untuk hari ini.

Lihat:  Dollar AS Sesi Asia Masih Sulit Untuk Bangkit

Kuatnya rupiah pagi ini  dapat  belum menambah   aliran masuk modal investor asing  melebihi arus keluar di bursa saham  hingga tercetak net buy  sebesar Rp41,3 miliar lebih.  Suppor modal investor asing tersebut  membuat  IHSG terangkat  hingga naik 0,4%.

Lihat: IHSG 5 Januari Dibuka Naik Terdukung Penguatan Wall Street dan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,70% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13345/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13367/US$. Namun untuk kurs Jisdor ditetapkan BI ke posisi  lebih kuat di 13370  dari perdagangan sebelumnya  di 13478.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh lemahnya pergerakan dollar AS di pasar internasional, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13410 dan  resistance di 13300.

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here