Rebound Rupiah Kamis Bertahan Hingga Penutupan

854

Mengakhiri perdagangan pasar valas  hari Kamis (23/2),  dollar AS mendapat kesulitan untuk mencetak rally setelah hari sebelumnya anjlok. Kondisi ini yang memberi tenaga bagi rupiah bertahan rebound sejak awal pembukaan sekalipun mendapat beban dari intervensi BI awal perdagangan.

Lihat: Sentimen Negatif Bayangi Langkas Dollar AS Sesi Eropa

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi menguat 0,15%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13351/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13363/US$. Namun untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  lebih lemah dari perdagangan sebelumnya.

Penguatan rupiah  yang terbatas kurang mampu memperbanyak masuknya dana cukup besar oleh investor asing ke  bursa saham sehingga hanya terbentuk net sell sebesar Rp246 miliar lebih. Dan tekanan jual asing tersebut tidak menghambat langkah   IHSG yang ditutup naik  0,3%.

Lihat: IHSG 23 Februari Berakhir Naik 

Untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan menguat oleh proyeksi  pergerakan dollar AS yang lemah  di akhir perdagangan malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here