Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Naik Kurang 1 Persen

901

Harga minyak naik tipis pada akhir perdagangan akhir pekan, Sabtu dinihari (18/03), dan menyelesaikan minggu ini dengan kenaikan moderat setelah kehilangan hampir 10 persen pekan sebelumnya di tengah kekhawatiran bahwa pemotongan produksi OPEC gagal untuk mengurangi kelebihan pasokan global.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 3 sen atau 0,1 persen, menjadi $ 48,78 per barel. WTI mengakhiri perdagangan minggu ini sekitar 0,6 persen lebih tinggi.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 3 sen pada $ 51,77 per barel, pada 15:34 ET (1934 GMT).

Minyak mentah diperdagangkan di kisaran sempit pekan ini, dengan Brent dan West Texas Intermediate memantul di kisaran $ 2,50 karena para investor menimbang dampak dari pemotongan minyak pertama dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dalam delapan tahun terhadap kenaikan produksi minyak serpih AS dan tingginya persediaan.

Namun, minyak mentah belum mampu untuk meraih kembali kisaran yang diaih melalui sebagian besar 2017 sebelum kekalahan pekan lalu. Alih-alih rebound ke $ 53 per barel, minyak mentah AS telah tetap terjebak sekitar $ 49. Analis mengantisipasi bahwa mendapatkan kembali tingkat kenaikan mungkin sulit tanpa penarikan signifikan dalam persediaan.

Potensi peningkatan produksi AS terus naik, dengan data Baker Hughes menunjukkan jumlah kilang mingguan meningkat menjadi 14 kilang pengeboran di Amerika Serikat.

Pasar bahkan gagal rebound setelah Menteri Arab Saudi Khalid al-Falih, yang menyatakan Kamis bahwa pemotongan oleh OPEC dan produsen non-OPEC bisa diperpanjang setelah Juni jika persediaan minyak berada di atas rata-rata jangka panjang.

Enam dari 10 analis yang disurvei oleh Reuters mengatakan mereka percaya OPEC akan memperpanjang penurunan produksi dengan masa durasi enam bulan kesepakatan ini.

Arab Saudi telah memangkas produksi oleh lebih dari pangsa bawah sesuai kesepakatan November 2016. Beberapa bertanya apakah Riyadh memiliki minat untuk melanjutkan sementara beberapa negara OPEC dan non-OPEC gagal untuk memenuhi dan produksi shale diperkirakan akan meningkat.

Sebanyak 11 produsen minyak non-OPEC memperoleh 64 persen dari pemotongan yang dijanjikan pada bulan Februari, dibandingkan dengan 106 persen kepatuhan dari OPEC, sumber industri mengatakan pada hari Jumat.

OPEC dan non-OPEC anggota setuju tahun lalu untuk memangkas produksi oleh gabungan 1,8 juta barel per hari (bph) pada semester pertama 2017. Namun laporan bulanan OPEC menunjukkan persediaan minyak dunia naik pada bulan Januari menjadi 278 juta barel di atas lima tahun rata-rata.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah akan bergerak lemah dengan peningkatan produksi AS. Namun jika kemajuan kesepakatan pemotongan produksi OPEC dan non OPEC terjadi, akan mendukung harga minyak mentah. Harga minyak mentah berpotensi bergerak dalam kisaran Support  $ 48.30-$ 47.80, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 49.30-$ 49.80.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here